Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sragen
Pilkada Sragen 2020

PNS Kesbangpol Telikung Yuni, Langsung Daftar Balon Bupati ke DPP PDIP

05 Desember 2019, 09: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Joko Suwoto (kanan) tunjukkan surat pendaftaran ke DPP PDIP

Joko Suwoto (kanan) tunjukkan surat pendaftaran ke DPP PDIP (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Pegawai Negeri Sipil (PNS) Karanganyar Joko Suwoto mencoba merebut rekomendasi calon bupati yang diusung PDI Perjuangan (PDIP) dari Kusdinar Untung Yuni Sukowati untuk Pilkada 2020.

PNS di badan kesatuan bangsa dan politik (kesbangpol) itu sudah mendaftar sebagai bakal calon (balon) bupati ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Kamis (28/11) lalu. Dia lantas menyerahkan tembusan ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Sragen, kemarin (4/12). Joko mengaku juga berkomunikasi dengan sejumlah partai politik (parpol) di Sragen.

”Saya akan mengantar tembusan pendaftaran saya ke DPD dan DPP PDIP, sebenarnya tidak dilakukan tidak apa-apa, hanya etika,” ujarnya.

Meski mendaftar sebagai calon bupati Sragen, Joko mengaku akan legawa jika nanti diminta maju sebagai menjadi wakil bupati.

”Tidak daftar ke DPC karena pada saat itu sudah tutup. Lantas dapat informasi bahwa DPP masih buka pendaftaran sampai tanggal 30 November,” terangnya.

Perihal lobi dengan parpol lain sudah dilakukan. Kecuali ke DPC PDIP dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Semua parpol meminta sabar menunggu.

”Kalau partai non-PDIP membuka pintu lagi, ya nggak masalah. Partai lainnya masih adem-ayem,” ujarnya.

Dia meyakini jika berdasarkan survei dinilai baik, akan dipilih DPP PDIP. Soal persiapan dana untuk pilkada, pihaknya mengaku sudah cukup siap. ”Insya Allah secukupnya ada,” kata Joko.

Wakil Ketua DPC PDIP Sragen Bidang Pembangunan Manusia Wihartono menyambut baik terkait langkah Joko Suwoto. Menurutnya tidak masalah jika mendaftar baik melalui DPC, DPD maupun DPP. Berkas tembusan diterima dan akan disampaikan pada forum pertemuan pekan ini.

”Sabtu nanti kita rapat, menindaklanjuti pendaftar yang sudah masuk,” terangnya.

Dia menyampaikan, sejauh ini sudah ada tujuh formulir pendaftaran bakal calon bupati yang dikembalikan ke DPC. Salah satunya Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Sisanya mendaftar sebagai calon wakil bupati. Tidak hanya lintas partai, dari internal pun juga ada yang menyerahkan berkas pendaftaran.

”Ada dari fraksi kami yang mendaftar Suyanto dari Tunjungsemi, Sambungmacan. Sudah melengkapi berkas,” ujarnya. (din/adi)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia