Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Ditemukan 20 Peti Jenazah Misterius, saat Relokasi Makam Bong Mojo

05 Desember 2019, 21: 35: 04 WIB | editor : Perdana

Proses penggalian dan pemindahan jenazah dari makam Bong Mojo ke TPU lain telah selesai

Proses penggalian dan pemindahan jenazah dari makam Bong Mojo ke TPU lain telah selesai (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Jumlah makam yang direlokasi Pemkot Surakarta dari Bong Mojo, Jebres ke tiga tempat pemakaman umum (TPU) lain ternyata membengkak dari perkiraan awal. Saat penggalian, para penggali menemukan puluhan peti jenazah misterius yang tak masuk pendataan awal.

Pelaksana pemindahan makam Bong Mojo Angga Yosi Rawas menjelaskan, seluruh proses pemindahan dan pemakaman ulang jenazah dari Makam Bong Mojo sudah dituntaskan pelaksana proyek pada bulan lalu. 

Berdasarkan catatan terakhir, terdapat kelebihan 20 peti jenazah yang direlokasi dari Bong Mojo. Sebab faktanya, dalam satu lubang makam ternyata terdapat lebih dari satu peti jenazah.  

”Totalnya ada 211 badan (jenazah, Red). Sebelumnya kami tidak mengira jika dalam beberapa bong terdapat lebih dari satu peti. Bahkan, ada satu bong yang diisi tiga peti jenazah," kata Angga, Kamis (5/12).

Meski bergeser dari data, pelaksana proyek tetap memindahkan peti-peti jenazah tambahan itu ke TPU Daksinalaya, Untaralaya, dan Purwalaya. Di lokasi yang baru, petugas memakamkan kembali badan-badan itu dalam liang yang berdampingan. "Tidak dijadikan satu lubang," ucap Angga.

Kasi Pemakaman Umum Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Surakarta Sawaras Budi Kusuma membenarkan kejadian tersebut. Jumlah mayat melebihi penghitungan awal kontraktor pelaksana proyek. 

"Kami juga sudah mengingatkan akan adanya kemungkinan tersebut. Sebab, informasi awal jumlah jenazah di Bong Mojo sisi timur mencapai 300 badan," ucapnya. (irw/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia