Sabtu, 25 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Olahraga

APG Siap Lebih Baik dari SEA Games

06 Desember 2019, 13: 02: 17 WIB | editor : Perdana

OPTIMISTIS: Atlet tenis meja Indonesia, Sheila Dwi Radayana yang siap terjun di ajang Asean Para Games 2020.

OPTIMISTIS: Atlet tenis meja Indonesia, Sheila Dwi Radayana yang siap terjun di ajang Asean Para Games 2020. (RADAR SOLO PHOTO)

Share this      

SOLO – Saat ini SEA Games 2019 sudah digelar. Kontingen Indonesia terus berjuang. Presiden Joko Widodo memasang target Indonesia harus finis di posisi kedua. Sayangnya hingga hari ini, ternyata posisi Indonesia masih berkutat di posisi ketiga hingga keenam.

Setelah event di Filipina ini selesai, kontingen Indonesia lainnya akan terjun di ajang Asean Para Games (APG) 2020, Januari mendatang.

National Paralympic Committee (NPC) Indonesia membidik posisi lebih baik. Yakni mempertahankan posisi sebagai juara umum, seperti yang mereka capai di Malaysia 2017 silam. Dalam beberapa seri terakhir, Indonesia cukup sulit untuk menjadi juara umum di ajang SEA Games. Berbeda dengan kontingen APG yang cukup sering menjadi posisi terbanyak peraih emas di ajang multievent antara atlet se-Asia Tenggara tersebut.

"Mempertahankan tentu bukan perkara yang mudah, dan ini jadi tugas bersama. Dengan kerja keras atlet, pelatih hingga pengurus, tentu tak ada yang tak mungkin," ucap Ketua NPC Indonesia Senny Marbun.

Thailand, Vietnam hingga Malaysia tetap jadi pesaing terberat. Senny mengakui dengan pemantapan latihan yang tepat, tentu hasilnyapun diharapkan bisa memuaskan kedepannya.

"Kita sudah cukup lama menjalani pemusatan latihan di Kota Solo. Peralatan latihan atlet juga sudah berstandar saat ini, dan ini jadi motivasi tambahan buat atlet. Beberapa atlet juga sudah mengikuti beberapa kejuaraan di luar negeri. Ikut senang karena beberapa diantaranya sudah pasti lolos ke Paralympic 2020 di Jepang," terangnya. 

Beberapa cabor diharapkan jadi lumbung medali Indonesia di APG. Mulai dari renang, atletik, tenis meja hingga bulu tangkis. "Setiap atlet sepertinya sudah punya sedikit gambaran, persaingan di kelasnya nanti akan seperti apa. Soalnya beberapa atlet sudah pernah mengikuti kejuaraan serupa dulu, jadi unggulannya kemungkinan tak berubah jauh," ujarnya. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia