Sabtu, 25 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Jelang Natal-Tahun Baru, Stok & Harga Sembako di Solo Aman

07 Desember 2019, 07: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bersama Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo melakukan sidak pasar, kemarin

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bersama Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo melakukan sidak pasar, kemarin (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) kesediaan sembako jelang Natal dan tahun baru (Nataru) di Pasar Rejosari dan Pasar Jebres, kemarin. Di dua pasar tersebut, Agus berkeliling menuju pedagang beras, telur, dan cabai untuk mengecek harga komoditas bahan pangan pokok itu. Sekaligus memantau kondisi kedua pasar yang selesai direvitalisasi belum lama ini. 

“Menyambut Nataru, kami cek harga di pasar. Hasilnya, harga-harga stabil. Stok masih aman. Sangat cukup sampai akhir tahun. Komoditas yang paling diwaspadai yang terpenting beras, daging, dan kebutuhan sehari-hari orang yang akan membeli untuk makan,” ungkapnya usai sidak di Pasar Rejosari, kemarin.

Sementara di Pasar Jebres, Agus yang kemarin didampingi Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo juga sidak ke sejumlah pedagang. “Di sini juga sama. Harga-harganya stabil, di bawah HET (harga eceran tertinggi). Pasokan stok semuanya aman,” sambungnya.

Agus mengapresiasi pedagang-pedagang di kedua pasar tersebut. Para pedagang menggunakan timbangan yang baik dengan ukuran yang akurat. “Jadi masyarakat tidak dirugikan. Pasarnya juga bagus. Penjual bisa menjual dengan nyaman dan omzetnya bagus,” ujarnya.

Sementara itu, pantauan Jawa Pos Radar Solo, komoditas cabai dan bawang merah mengalami kenaikan harga. Cabai rawit menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Sebelumnya hanya sekitar Rp 25-27 ribu per kilogram. Cabai keriting Rp 20 ribu per kilogram. Cabai teropong Rp 20 ribu per kilogram. Dan cabai hijau Rp 10 ribu per kilogram. Sementara bawang merah naik dua kali lipat menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Sebelumnya hanya Rp 15 ribu per kilogram.

“Kemarin siang sudah naik kok. Baru saja naik (harganya). Kalau bawang putih stabil, Rp 26 ribu per kilogram,” kata pedagang cabai Pasar Jebres, Sutani.

Harga komoditas beras relatif stabil. C4 Super Rp 11 ribu per kilogram. Beras menengah Rp 9.500 per kilogram. Dan mentik wangi Rp 12 ribu per kilogram. “Kalau beras tidak naik. Bawang merah yang naik terus,” ujar pedagang beras di Pasar Jebres Lianti.

Komoditas telur justru mengalami penurunan harga. Dari yang sebelumnya Rp 23.500 per kilogram. Menjadi Rp 22.500 per kilogram. “Turunnya sedikit-sedikit,” tandas pedagang telur Pasar Jebres Maryatun. (aya/bun)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia