Jumat, 24 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Latih Dokter Umum Kenali Gejala Kanker

08 Desember 2019, 11: 38: 59 WIB | editor : Perdana

SHARING: Solo Surgical Forum 2019 yang diikuti dokter bedah dan umum kemarin (7/12).

SHARING: Solo Surgical Forum 2019 yang diikuti dokter bedah dan umum kemarin (7/12). (SILVESTER KUNIAWAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Ratusan dokter bedah dan umum di eks Karisidenan Surakarta mengikuti diskusi dan pelatihan deteksi dini kanker bertema Solo Surgical Forum (SSF) 2019 di salah satu hotel di Kota Solo, Sabtu (7/12). Dengan pelatihan tersebut, diharapkan dokter umum mampu mendeteksi lebih dini kanker agar penanganan dan upaya penyembuhan kian optimal.

Ketua panitia SSF Suwardi mengungkapkan, kegiatan tersebut menjawab keresahan atas minimnya deteksi dini penderita kanker. Banyak pasien diketahui mengidap kanker setelah stadium lanjut.

“Kanker merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Nomor dua setelah penyakit jantung,” ungkapnya.

Menurut Suwardi, berdasarkan jenis kelamin, kanker yang paling banyak diderita laki-laki adalah paru-paru, sedangkan perempuan kanker payudara. 

"Contoh kasus di RSUD Dr. Moewardi, ada 2000 kasus kanker payudara yang ditangani sepanjang tahun 2018. Itu belum termasuk kanker lainnya," ujarnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut, peserta mendapatkan pelatihan tentang tata cara mengenali gejala kanker payudara, prostat, paru, saraf, tulang, kanker pada anak, dan sebagainya.

Ditambahkan Suwardi, dokter umum merupakan garda terdepan dalam pelayanan masyarakat. Dengan pelatihan itu, mereka diharapkan mampu membantu deteksi dini kanker agar pengobatan lebih efektif.

Agenda yang kali pertama digelar ini bakal dijadikan event rutin agar informasi deteksi dini kanker lebih optimal. "Penanganan kanker yang terlambat dapat menimbulkan kececatan dan paling parah hingga kematian. Deteksi dini sangat menentukan keberhasilan penyembuhan," papar Suwardi. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia