Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Durian Pogog Mulai Panen Raya

09 Desember 2019, 15: 01: 18 WIB | editor : Perdana

YUMMY: Durian montong jenis Pogog mulai diserbu pembeli.

YUMMY: Durian montong jenis Pogog mulai diserbu pembeli. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Awal 2020 mendatang, saatnya menikmati durian Pogog. Varietas durian montong asal Dusun Pogog, Desa Tengger, Kecamatan Puhpelem ini diperkirakan mulai berbuah antara Januari sampai April. 

Petani durian Pogog, Rimo mengatakan, panen durian Pogog kali ini diperkirakan tidak bisa serentak karena musim bunganya tidak bersamaan.

”Hasil panen saat ini lebih baik dari panen sebelumnya. Satu buahnya berkisar antara 4 kilogram sampai 5 kilogram,” kata Rimo, kemarin (8/12).

Menurut Rimo, panen kali diperkirakan meningkat 30 persen dari panen tahun lalu. Hanya saja, pada Desember baru terlihat 4-5 buah saja yang masak.

”Cara di sini dibiarkan jatuh sendiri, tidak dipetik. Jadi kelihatan yang sudah masak berapa gitu,” kata Rimo. 

Rimo menyebut, untuk lahannya sendiri, diperkirakan ada 150 buah yang siap santap. Belum lagi, buah yang ada di lahan milik petani lain.

”Rasanya saya yakin lebih enak, karena faktor kemarau,” ujarnya. 

Sampai saat ini telah banyak tengkulak yang masuk Dusun Pogog untuk membeli durian. Namun beberapa petani lebih memilih menjualnya langsung kepada warga yang berkunjung langsung ke Pogog. Pengunjung biasa memesannya terlebih dahulu.

”Bakul sudah pada masuk, tapi yang saya utamakan tamu yang sekalian berwisata di Pogog. Lagi pula, stok durian masih terbatas, panen tidak bareng,” terangnya. (kwl/adi)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia