Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Wonogiri

DPU Wonogiri Ancang-ancang Alirkan Air WGM ke selatan

12 Desember 2019, 15: 34: 03 WIB | editor : Perdana

MOMEN TERTENTU: Jembatan lama di belakang Pasar Wuryantoro yang hanya bisa difungsikan ketika debit air WGM Surut.

MOMEN TERTENTU: Jembatan lama di belakang Pasar Wuryantoro yang hanya bisa difungsikan ketika debit air WGM Surut. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Wilayah Wonogiri bagian selatan seperti Giritontro, Paranggupito dan Giriwoyo selalu menjadi langganan kekeringan. Sebab itu, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri mewacanakan mengalirkan air dari Waduk Gajah Mungkur (WGM) ke selatan.

Sekadar informasi, sejak dibangun era 1980-an, air WGM di desain mengalir ke utara, sehingga hanya sebagian Kabupaten Sukoharjo, Sragen, dan Karanganyar yang dapat menikmati air WGM.

Kepala DPU Wonogiri Prihadi Ariyanto menuturkan, alasan mengalirkan air WGM ke bagian selatan cukup jelas. Yakni agar warga di wilayah Wonogiri selatan dapat menikmati WGM. Baik untuk irigasi, perikanan, air minum ternak dan sebagainya. "Ya memungkinkan untuk dialirkan sampai selatan," terangnya, Selasa (11/12).

Guna mewujudkan rencana tersebut, butuh kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah. Mengingat anggaran yang dibutukan cukup besar. Seperti untuk membangun saluran air serta ganti rugi lahan jika diperlukan. 

Selain itu, juga dibutuhkan kajian geologi, sosial, dan kemanfaatannya. “Kalau ada anggaran semua bisa terwujud,” ujar dia. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia