Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Jadi Bakal Calon Wali Kota, Gibran Tiru Gaya Kampanye Blusukan Jokowi

13 Desember 2019, 17: 47: 57 WIB | editor : Perdana

Gibran bersama para relawan dalam perjalanan mendaftar ke kantor DPD PDIP Jateng, Semarang, Kamis (12/12)

Gibran bersama para relawan dalam perjalanan mendaftar ke kantor DPD PDIP Jateng, Semarang, Kamis (12/12) (ISWARA BAGUS/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Buah tidak akan jatuh dari pohonnya. Peribahasa tersebut layak disematkan kepada Gibran Rakabuming Raka. Sebagai politisi muda, dia meniru strategi blusukan ayahnya, Joko Widodo ketika mencalonkan diri sebagai wali kota Surakarta, gubernur DKI Jakarta maupun menjadi calon presiden. Menurutnya cara tersebut masih ampuh untuk menggaet suara.

Strategi itu disampaikan kepada relawan saat perjalanan pulang dari kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Semarang, Kamis (12/12). Gibran yang berada satu bus dengan relawan mengucapkan terima kasih atas kehadiran mereka. Sembari berdiri dia meminta relawan untuk rajin blusukan.

“Saya sudah resmi jadi bakal calon wali kota, sekarang saatnya gas pol. Strateginya cuma satu, blusukan. Cuma satu itu tok,” katanya.

Menurut Gibran, relawan tidak perlu memasang spanduk atau bendera yang memajang foto dirinya. Sebab cara tersebut tidak berpengaruh banyak. Pemasangan gambar dilakukan jika angka popularitas belum didapat.

“Popularitas saya sudah 90 (persen) kok. Yang perlu itu turun ke masyarakat, blusukan,” tegasnya.

Salah satu cara yang disarankan Gibran adalah datang ke acara kematian warga, memberi bantuan keluarga yang ditinggalkan. Cara lain adalah menghadiri undangan pernikahan.

“Njenengan kalau ada layatan, kalau ada saudaranya yang mau nikah nyari saksi nikah, nggak apa-apa ngundang saya,” kata Gibran.

Saat ini, spanduk dan bendera Gibran terpasang di penjuru Kota Solo. Relawan Kancane Gibran Gaes (Kagege) Antonius Yogo Prabowo mengklaim, pemasangan spanduk dan bendera adalah inisiatif masing-masing relawan. Tidak ada instruksi langsung dari Gibran. Termasuk beberapa aksi yang digelar di beberapa titik akhir-akhir ini. (irw/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia