Kamis, 20 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Klaten

Jumlah Penumpang Terminal Klaten Melonjak, Agen Bus Siap Tambah Armada

26 Desember 2019, 10: 04: 59 WIB | editor : Perdana

Suasana ruang tunggu di Terminal Ir Soekarno Klaten yang mulai dipadati penumpang

Suasana ruang tunggu di Terminal Ir Soekarno Klaten yang mulai dipadati penumpang (ANGGA PURENDRA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN - Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), jumlah penumpang bus yang turun serta berangkat di Terminal Ir Soekarno Klaten mengalami peningkatan 60 persen. Dari 12 ribu penumpang di hari biasa menjadi 20 ribu penumpang selama momentum Nataru.

”Peningkatan penumpang terjadi sejak Jumat 20 Desember lalu. Ada 843 bus yang masuk ke terminal dengan menurunkan 17.467 penumpang. Sedangkan keberangkatan pada hari itu 17.914 penumpang,” jelas Kepala Terminal Ir Soekarno Klaten, Marjono, kemarin (25/12).

Marjono menjelaskan, kedatangan penumpang mengalami kenaikan 14 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Mengingat pada H-5 Natal 2018 hanya tercatat 15.366 penumpang. Begitu juga armada bus yang masuk ke terminal hanya 624 armada saja.

Pihaknya memprediksi kedatangan penumpang terus meningkat hingga hari ini. Hal ini berkaca dari data tahun sebelumnya terdapat 911 armada bus yang masuk ke terminal dengan menurunkan 20.066 penumpang. Sedangkan puncak balik lewat terminal diprediksi terjadi pada 1 hingga 2 Januari 2020 mendatang.

”Kalau kita lihat data di tahun sebelumnya yang melakukan balik melalui terminal pada 1 Januari 2019 terdapat 22.417 penumpang. Pada 2 Januari 2019 terdapat 21.291 penumpang dengan berbagai tujuan,” jelas Marjono.

Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan langkah antisipasi meningkatnya penumpang tersebut. Salah satunya berkoordinasi dengan paguyuban agen bus untuk mengetahui jumlah bus tambahan yang disiapkan. Hal ini untuk mengantisipasi jika bus yang tersedia tidak dapat mengangkut para penumpang lainnya.

”Kalau fasilitas di dalam terminal tidak ada penambahan sama sekali. Penumpang bisa memanfaatkan ruang tunggu berkapasitas 500 orang,” ucapnya.

Selain itu perlu ram check setiap harinya terutama sebelum keberangkatan bus. Apabila dinyatakan tidak layak jalan, maka akan dikandangkan di terminal demi keselamatan penumpang.

Bagian administrasi Terminal Ir Soekarno Klaten, Estevan menambahkan, pendataan penumpang maupun bus tetap dilakukan setiap harinya. Mulai 20 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 untuk mengetahui lonjakan yang terjadi.

”Pendataan armada bus dan penumpang yang kami lakukan ini bisa juga dilakukan berdasarkan kebutuhan. Guna mengetahui jumlahnya pada hari yang ditentukan tersebut,” pungkasnya. (ren/adi)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia