Kamis, 20 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Pemkab Sukoharjo Minta Pemerintah Pusat Bangunkan GOR Senilai Rp 15 M

03 Januari 2020, 10: 50: 59 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi proyek

Ilustrasi proyek

Share this      

SUKOHARJO – Sarana prasarana olahraga di Kota Makmur diklaim belum memadai. Sebab itu, pemkab mengajukan permohonan pembangunan gedung olahraga (GOR) senilai Rp 15 miliar ke Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora).

Rencananya, GOR tipe B itu akan dibangun di Dukuh/Desa Gayam, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo di atas lahan seluas empat hektare.

Kabid Olahraga Dinas Olahraga (Dispora) Sukoharjo Abdillah mengatakan, realisasi anggaran pembangunan GOR tipe B mulai dilakukan tahun ini, sedangkan fisiknya akan digarap pada 2021 menunggu persetujuan Kemenpora.

"Lahan sudah siap. Akan kami uruk pada akhir 2020. Anggaran pengurukan tanah senilai Rp 1,4 miliar kami ajukan lebih dulu pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Sukoharjo," terangnya, kemarin (2/1).

Di lain sisi, detailed engineering design (DED) telah selesai akhir 2019. "Tahun lalu (permohonan bangun GOR) sudah kami ajukan tapi belum disepakati. Namun, DED belum jadi. Ini kami ajukan kembali. Estimasinya (anggaran pembangunan) sama seperti kemarin, yakni Rp 15 miliar," terangnya.

GOR tipe B ini akan menampung enam cabang olahraga (cabor), yaitu futsal, voli, bulu tangkis, tenis lapangan, basket, dan sepak takrau. Jenis-jenis cabor tersrebut sesuai peraturan Kemenpora Nomor 145 Tahun 2016 terkait Pembangunan GOR tipe B. "GOR tipe B itu juga bisa untuk cabor lain,” ungkap dia.

Kasi Sarana dan Prasarana Dispora Sukoharjo Marwan menyatakan, permohonan pembangunan GOR tipe B ke pemerintah pusat dinilai sudah tepat. Sebab fasilitas olahraga di Sukoharjo Kota masih minim. 

"Karena minimnya fasilitas, akhirnya banyak atlet potensial di Sukoharjo yang lari ke luar daerah. Dengan adanya GOR, semoga atlet bisa berlatih di kandang sendiri," harapnya. GOR juga bisa dimanfaatkan masyarakat umum untuk berolahraga.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santoso mengamini fasilitas olahraga masih kurang. Dengan hadirnya GOR, ditargetkan bisa memberikan fasilitas tidak hanya bagi atlet, tapi juga publik. “Nanti anggaran pembangunannya bersumber dari APBN," pungkas dia. (rgl/wa) 

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia