Jumat, 24 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Features

Pesta Durian di Ndeso Buah, Sewurejo, Mojogedang, Karanganyar

Ada 3 Varian, Musang King Ramai Diburu

05 Januari 2020, 08: 35: 59 WIB | editor : Perdana

Pesta Durian di Ndeso Buah, Sewurejo, Mojogedang, Karanganyar

Tak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk mendapatkan durian Montong, dan Kani. Atau ke Malaysia untuk mendapatkan durian Musang King. Sebab, jenis durian tersebut sudah bisa dinikmati di Karanganyar. Tepatnya di Ndeso Buah Durian, Sewurejo, Mojogedang.

MUSIM buah durian, saatnya berburu ke Karanganyar. Ada banyak pilihan mencari durian yang langsung bisa dinikmati dari kebunnya. Sebut saja di wilayah Jumantono, Matesih, Karangpandan, Kerjo, hingga Mojogedang. 

Di Mojogedang, ada agrowisata buah durian. Namanya Ndeso Buah Durian Plantation & Horticulture di Bulurejo, RT 03 RW 13, Desa Sewurejo. Di kebun seluas satu hektare itu, sekitar 100 pohon durian Montong, Kani, dan Musang King yang ditanam siap menghasilkan buah berbagai ukuran.

Ndeso Buah menjadi tempat favorit bagi pecinta durian. Bahkan, tempat ini sudah terkenal bertahun-tahun lamanya. Kualitas rasa buahnya yang legit, manis, dan empuk menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan pecinta durian.

Selain buah duren, buah lain juga banyak tersedia di tempat ini. Mulai dari lengkeng hingga rambutan king. Namun, kebanyakan pengunjung berburu durian. Pohonnya yang tidak terlalu tinggi membuat durian yang dihasilkan mudah terlihat.

Wilayahnya cukup dekat dari Kota Karanganyar. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan dari Taman Pancasila menuju arah Mojogedang. Selepas dari Kelurahan Delingan sudah terlihat gapura Ndeso Buah di pertigaan menuju jalan Derpoyudo. Tepat 600 meter dari gapura, di situ ada papan bertuliskan Ndeso Buah. Saat memasuki gerbang, terlihat keindahan dan luasnya kebun Ndeso Buah yang tak kalah dari kebun lainnya.

Pengunjung bisa memilih sendiri durian yang diinginkan. Hanya perlu mencari durian yang sudah jatuh di kebun. Atau langsung menemui pemilik Kebun Ndeso Buah, Johan Ariono. Karena durian yang sudah jatuh biasanya langsung dibawa ke rumahnya. Tak hanya Montong dan Kani, dia juga mulai mengembangkan durian Musang King yang populer di Malaysia.

Ukurannya berbeda-beda. Rata-rata seberat 2 hingga 3 kilogram (Kg). Sementara buah jenis Montong rata rata seberat 5 kg. Harganya juga beragam. Untuk Montong dan Kani per Kg sekitar Rp 70 ribu. Sementara Musang King jauh lebih mahal mencapai Rp 250 ribu per Kg.

Walau terbilang mahal, namun soal kualitas jangan ditanya. Banyak pengunjung yang berburu durian ke Ndeso Buah, terutama dari luar kota. Pengunjung bebas memilih, namun tidak boleh memetiknya langsung. Karena pemilik kebun sudah menyediakan durian yang jatuh dari pohonnya. Meski begitu, durian terjamin kualitasnya. Jika harum baunya, pastinya sudah matang.

”Pengunjung tidak diperbolehkan memetik, karena saya tidak mau mengambil risiko. Biasanya yang dipetik langsung dari pohonnya belum tentu isinya matang. Jadi saya lebih memilih buah durian jatuh lalu dikumpulkan biar terjaga kualitasnya,” kata Johan Ariono.

Selain durian, pengunjung juga dapat membeli bibit durian dan bibit buah lain yang tersedia. (rm1/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia