Sabtu, 22 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Boyolali

Tebing Longsor di Gladagsari, Satu Rumah Tertimpa Pohon

07 Januari 2020, 07: 15: 59 WIB | editor : Perdana

Rumah milik warga Ngagrong yang tertimpa longsor dan pohon sawo

Rumah milik warga Ngagrong yang tertimpa longsor dan pohon sawo

Share this      

BOYOLALI – Tanah longsor melanda Dusun/Desa Ngagrong, Kecamatan Gladagsari, Boyolali, Senin dini hari (6/1) sekitar pukul 03.30. Akibatnya, rumah milik Yanto, 27, rusak berat tertimpa pohon sawo yang terbawa material longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Longsor diduga terjadi karena hujan intensitas sedang yang mengguyur sejak Minggu siang (5/1). Saat kejadian, korban dan istrinya, Suharti serta seorang anaknya sedang tertidur lelap. Tiba-tiba, warga mendengar suara bergemuruh. Setelah dicek, ternyata sebagian rumah korban tertimpa pohon sawo besar yang terbawa material longsor. Pohon tersebut berdiri di belakang rumah warga yang ada di atas tebing setinggi sekitar 10 meter.

“Alhamdulillah pohon dan longsor tidak menimpa kamar tempat Yanto, istri, dan anaknya tidur. Semuanya selamat,” terang tokoh masyarakat Desa Ngagrong Suripto.

Menurut pria yang akrab disapa Mbah Ripto ini, wilayah lereng Merbabu, khususnya sisi utara memang diguyur hujan. Intensitasnya sedang namun guyuran hujan terjadi cukup lama. “Mungkin banyak air yang masuk ke dalam tanah, kemudian mengakibatkan longsor. Pohonnya di atas tebing ikut tumbang dan menimpa rumah,” bebernya. 

Akibat kejadian tersebut, hampir seluruh rumah rata dengan tanah. Begitu juga perabot rumah tangga dan satu unit sepeda motor rusak tertimpa reruntuhan bangunan. “Kerugian yang dialami korban kalau ditotal lebih dari Rp 50 juta,” imbuh pria yang juuga pembina komunitas pecinta alam ini.

Sementara itu, musibah ini mendapat perhatian dari seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait. Sayangnya, cuaca kurang mendukung. Alhasil evakuasi reruntuhan rumah baru bisa digeber hari ini. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia