Sabtu, 25 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Klaten

Fix, 9.485 Pelamar Bersaing di Seleksi CPNS Klaten

07 Januari 2020, 22: 05: 12 WIB | editor : Perdana

Kabid Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Klaten Rijana

Kabid Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Klaten Rijana (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Dari 10.269 pelamar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Klaten, sebanyak 9.485 akhirnya lolos syarat administrasi, termasuk yang telah melalui masa sanggah. Mereka bakal mengikuti tahapan computer assited test (CAT). 

Para pelamar itu akan memperebutkan 736 lowongan. Terdiri atas 572 tenaga guru, 66 tenaga kesehatan, dan 98 tenaga teknis lainnya.

Kabid Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten Rijana mengatakan, awalnya hanya 9.284 pelamar yang memenuhi syarat (MS) administrasi. Namun, dari pelamar yang tidak memenuhi syarat (TMS), ada yang melakukan penyanggahan. 

“Terdapat 985 pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi penerimaan CPNS. Berkas mereka dinyatakan TMS. Dari jumlah itu, ada 544 pelamar yang melakukan penyanggahan,” jelas Rijana, Selasa (7/1).

Nah, dari 544 pelamar yang menyanggah itu, ada 201 pelamar yang sanggahannya diterima. Sementara sebanyak 343 pelamar sanggahannya ditolak.

Dalam masa sanggah itu yang paling banyak disanggah terkait hal pendidikan. Pihak BKPPD Klaten pun melakukan konsultasi hingga koordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Termasuk melakukan konsultasi dengan panitia seleksi CPNS hingga akhirnya terdapat 201 sanggahan yang diterima.

“Kalau kemarin tidak disanggah oleh pelamar, maka kami tidak memprosesnya. Rata-rata ya terkait pendidikan seperti Geografi yang sudah sepakati, yang sebelumnya sebagian kita TMS-kan. Ada juga yang terkait pendidikan ternyata sudah disetarakan setelah ada edaran dari Dikti. Seperti pendidikan sekretaris dan admnistrasi yang D3 ternyata sudah disetarakan,” jelas Rijana.

Terkait pelaksanakaan tes CAT, kata Rijana, bakal digelar di Karanganyar. Untuk pelaksanaannya, BKPPD Klaten mengusulkan dari 6-10 Februari. Setiap harinya terdapat lima sesi. 

“Terkait kepastian waktu pelaksanaan tes seleksi CPNS, masih menunggu rapat pada 9 Januari. Kita akan ada rapat di Wonogiri bersama kabupaten lain terkait kesiapan tes tersebut,” pungkas Rijana. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia