alexametrics
Jumat, 10 Apr 2020
radarsolo
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Catur NPC Targetkan 10 Emas

08 Januari 2020, 15: 52: 27 WIB | editor : Perdana

FOKUS: Atlet catur NPC jalani pelatnas di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, Selasa (7/1).

FOKUS: Atlet catur NPC jalani pelatnas di Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, Selasa (7/1). (NUR ISROTUN NAFISATULINI/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kontingan catur National Paralympic Committee (NPC) Indonesia pasang target 10 medali emas di ajang ASEAN Para Games (APG) 2020 di Filipina, Maret mendatang. Tapi, jalan terjal bakal dilalui kontingen asuhan pelatih Tedy Wiharto tersebut. Sebab, mereka bakal menghadapi tantangan berat dari kontingen tuan rumah Filipina dan Vietnam.

“Lawan terkuat putra dari Filipina, sedangkan putri dari Vietnam,” terang Tedy kepada Jawa Pos Radar Solo di sela pelatnas yang berlangsung di Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo, kemarin (7/1).

Target 10 medali emas dianggap realistis. Sebab, di ajang yang sama, 2017 silam, Indonesia keluar sebagai juara umum. Memborong 14 emas.

“Persiapan catur sudah 90 persen. Kami bawa 18 atlet. Rinciannya sembilan pecatur putri dan sembilan putra. Mereka bertanding di tiga kelas. Yakni tunadaksa, tunanetra total, dan low vision,” imbuhnya.

Terkait molornya jadwal pelaksanaan APG 2020 dari Januari jadi Maret, Tedy tidak mempermasalahkan. Mundurnya jadwal selama dua bulan tidak mempengaruhi kekuatan tim.

“Tidak kaget kalau mundur. Tidak ada masalah. Kalau mundur, kami harus menata lagi taktik yang akan digunakan,” bebernya.

Pelatnas dilakukan setiap hari 09.00-16.00 dengan istirahat 11.30-13.00. Tiap Rabu, diadakan atletik untuk menjaga kesehatan dan Minggu untuk istirahat. 

Alat catur khusus digunakan bagi penyandang tunanetra. Pion hitam dan putih berbeda. Perbedaannya pada pion hitam yang terdapat pucuk di atasnya dan papan catur hitam yang timbul dari pada putih. Timer juga digunakan untuk mengetahui waktu yang harus dilewati para atlet. (mg2/adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia