Sabtu, 25 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Klaten

Dua Anugerah Proper Emas Diraih Danone-AQUA

09 Januari 2020, 12: 41: 32 WIB | editor : Perdana

PRESTASI : Kepala Pabrik AQUA Klaten I Ketut Muwaranata menerima PROPER Emas dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin disaksikan Menteri KLH Siti Nurbaya. Foto bersama perwakilan Danone-AQUA.

PRESTASI : Kepala Pabrik AQUA Klaten I Ketut Muwaranata menerima PROPER Emas dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin disaksikan Menteri KLH Siti Nurbaya. Foto bersama perwakilan Danone-AQUA.

Share this      

KLATEN - Dua pabrik Danone-AQUA menerima dua Anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK). Anugerah PROPER Emas di raih oleh Pabrik AQUA Mambal, Bali dan Pabrik AQUA Klaten. Ada juga 8 pabrik Danone-AQUA yang dapat PROPER hijau.

Penyerahan anugerah PROPER Emas tersebut diserahkan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin kepada perwakilan Pabrik AQUA Mambal Bali dan Pabrik AQUA Klaten di Istana Wapres RI Jakarta.

Direktur Water Resources Nature and Process Technology (WRNPT) Danone-AQUA Muhammad Azwar mengatakan, penilaian PROPER diukur dari penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Mulai dari proses produksi dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, 3R (Reduce, Reuse, Recycle), efisiensi energi, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis yang beretika serta bertanggung jawab terhadap masyarakat.

"Hal ini selaras dengan visi Danone yaitu One Planet One Health.  Dimana kami percaya bahwa kesehatan planet kami memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan masyarakat”, ujar Azwar.

Sebagai contoh, Pabrik AQUA Klaten mengembangkan Pusur Institute sebagai kelembagaan pengelola lingkungan yang terintegrasi untuk Sub Daerah Aliran Sungai Pusur. Lembaga ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk menjaga Sungai Pusur Lestari. 

"Program yang dikembangkan mulai dari konservasi di hulu, pengelolaan sampah di hilir, pengembangan wisata  River Tubing Pusur Adventure, pendampingan kelompok rentan, hingga pertanian ramah lingkungan. Integrasi dan sinergi yang terbentuk di Pusur Institute menjadi bentuk nyata partisipasi dan kontribusi keberlanjutan perusahaan di Klaten," ungkapnya.

Selain kategori Emas, pada kesempatan yang sama ada delapan pabrik AQUA menerima Anugerah PROPER Hijau yang diserahkan Menteri KLHK, Siti Nurbaya Bakar. Mulai  Pabrik AQUA Mekarsari, Pabrik AQUA Babakanpari, Pabrik AQUA Subang, Pabrik AQUA Cianjur, Pabrik AQUA Ciherang, Pabrik AQUA Wonosobo, Pabrik AQUA Pandaan, dan Pabrik AQUA Airmadidi.

Proper merupakan upaya pemerintah untuk mendorong perusahaan di Indonesia untuk memiliki ketaatan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Penghargaan ini diberikan Kementerian KLHK dengan mengukur kinerja keberlanjutan Perusahaan melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan.  Peringkat kinerja PROPER dibedakan menjadi lima warna yaitu Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam. (ren/oh).

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia