Sabtu, 25 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Boyolali

Lagi, Pohon di Umbul Leses Ambruk

11 Januari 2020, 18: 00: 09 WIB | editor : Perdana

TERDAMPAK ANGIN RIBUT: Rumah milik warga tertimpa pohon tumbang di kawasan Umbul Leses, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, kemarin (10/1).

TERDAMPAK ANGIN RIBUT: Rumah milik warga tertimpa pohon tumbang di kawasan Umbul Leses, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, kemarin (10/1). (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Pohon leses berumur ratusan tahun di kompleks Umbul Leses, Dusun Soka, Desa Jenengan, Sawit roboh, Kamis malam (9/1). Menimpa rumah milik Suroso, 42, warga sekitar. Pemilik rumah mengalami luka di bagian kepala karena tertimpa reruntuhan atap.

Peristiwa berlangsung sekitar pukul 22.00. Saat kejadian, korban sedang tahlilan di rumah tetangga. Sedangkan istri Suroso, Wahtini, 40, sedang terlelap di dalam rumah. Bersama dua anak dan seorang cucu.

“Sampai di teras, saya dengar suara gemeretak dari arah selatan. Saya lihat pohon leses sudah miring. Takut terjadi apa-apa, saya lari masuk ke rumah. Membangunkan istri, anak, dan cucu saat masuk, pohon ambruk. Kena kepala saya,” ujar Suroso saat ditemui di kediamannya, kemarin (10/1).

Korban lalu berteriak memangil istrinya untuk lari menyelamatkan diri. “Untung istri, anak, dan cucu saya tidak terluka. Kepala saya luka sedikit dan sudah dijahit,” imbuhnya.

Tak hanya rumah, pohon ambruk juga menimpa tangga dan besi pagar pembatas hingga rusak parah. Termasuk sejumlah tiang lampu hias di kawasan umbul. 

Sardi, 40, kerabat korban mengaku heran pohon leses setinggi 50 meter itu ambruk. Padahal pohon tersebut masih berdiri kukuh. “Justru pohon leses di sisi barat sudah mati, tapi malah tidak apa-apa,” jelasnya.

Sementara ini, Suroso dan keluarganya mengungsi ke rumah orang tuanya yang masih bertetangga. Jajaran Polsek Sawit, kecmaatan, hingga pemerintah desa setempat sudah datang ke lokasi untuk mendata kerugian. 

Peristiwa serupa sudah dua kali terjadi di Umbul Leses. Sebelumnya, batang pohon leses berdiameter 50 sentimeter patah dan menimpa toko mebel, Selasa sore (10/12). (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia