Kamis, 20 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Rabu Malam, Perahu Wisata Siap Operasi

12 Januari 2020, 09: 35: 59 WIB | editor : Perdana

WISATA MURAH: Persiapan operasional perahu wisata di Kali Pepe guna memeriahkan Imlek, Sabtu (11/1).

WISATA MURAH: Persiapan operasional perahu wisata di Kali Pepe guna memeriahkan Imlek, Sabtu (11/1). (SILVESTER KURNIAWAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Warga Kelurahan Sudiroprajan melakukan finishing sarana prasarana lokasi wisata perahu di Kali Pepe, Sabtu (11/1). Perahu untuk memeriahkan Imlek tersebu dipastikan beroperasi, Rabu malam (15/1).

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, setiap sudut bodi perahu dicek guna memastikan tidak ada kebocoran. Setelah dipastikan aman, palang penyeimbang dipasang. Berlanjut menambahkan sejumlah ornamen agar perahu tampak lebih semarak. Antara lain bentuk naga, tulisan nama kelurahan, dan aksesori lainnya.

Mesin perahu kemudian diisi bahan bakar minyak (BBM) dan dilakukan uji coba menyusuri Kali Pepe sepanjang sekitar 900 meter. “Persiapan sudah 100 persen. Ini dicek dulu bagaimana ketahanannya (perahu) saat menerjang arus maupun manuver biar tidak ada kendala," ujar wisata perahu Sudiroprajan Wahyu Sugiarto. 

Peralatan pengamanan seperti pelampung, satu unit perahu SAR turut disiagakan. Termasuk menyiapkan asuransi untuk penumpang. Tahun ini, perahu bebek yang sempat diminati kawula muda tidak dioperasikan karena pertimbangan keselamatan. Di musim hujan, arus Kali Pepe cukup deras sehingga dikhawatirkan menyulitkan pengunjung mengayuh perahu bebek.

Rencananya, perahu wisata dioperasikan, Rabu malam (15/1) bersamaan dengan dinyalakannya sekitar 5.000 lampion Imlek di Jalan Jenderal Sudirman-Pasar Gede. Perahu bakal beroperasi setiap hari mulai pukul 18.00-23.00. 

Tiket yang dibanderol cukup terjangkau. Rp 10 ribu per orang. Pengunjung bisa menikmati suasana malam kawasan Kali Pepe dan lampion warna-warni. “Satu perahu kapasitas lima sampai enam orang dewasa dan tiga anak. Ini untuk memastikan keamanan,” terang Wahyu.

Sekadar informasi, hari ini, kawasan Kali Pepe juga akan dibersihkan lewat kerja bakti masal bersama Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia