Sabtu, 25 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

SIVB Berganti Jadi Persibaja di Solo

12 Januari 2020, 06: 05: 59 WIB | editor : Perdana

SAKSI SEJARAH: Potongan koran De Indische Courant terbitan 21 Mei 1938, yang mencatat terkait perubahan nama SIVB menjadi Persibaja.

SAKSI SEJARAH: Potongan koran De Indische Courant terbitan 21 Mei 1938, yang mencatat terkait perubahan nama SIVB menjadi Persibaja. (DOK. NIKKO AUGLANDY)

Share this      

Dalam perubahan nama Persebaya Surabaya, ternyata ada peran Kota Solo juga di dalamnya. Persebaya berdiri tahun 1927. Jauh sebelum nama Persebaya kita kenal saat ini, ternyata klub yang khas dengan warna jersey hijau tersebut berdiri dengan nama awal, Soerabajasche Indische Voetbal Bond (SIVB).

Sebelum bernama Persebaya yang dipopulerkan penulisannya setelah Indonesia merdeka, ternyata SIVB awalnya sempat berganti nama menjadi Persibaja. Tepatnya di tahun 1938.

Momen tersebut sempat terangkum dalam koran berbahasa Belanda, De Indische Courant terbitan 21 mei 1938, yang mencatat perubahan nama tersebut.

Kongres di Solo tersebut mengukuhkan SIVB berubah nama menjadi berbahasa melayu, yakni dengan nama baru Persatoean Sepakraga Indonesia Surabaya, atau yang disingkat menjadi Persibaja. Persibaja sendiri adalah translitan bahasa melayu. Yakni dari bahasa Belanda-nya Soerabajasche Indische Voetbal Bond.

Kongres juga menghasilkan kepengurusan baru. J.K Lengkong yang menjabat pada periode sebelumnya menggantikan M Pamoedji menolak dicalonkan kembali. Peserta rapat kemudian sepakat memilih dr Soewandhi sebagai ketua. Perwakilan SIVB dalam kongres PSSI di Solo dibebankan kepada J.D Syaranamual dan M Pamoedji.

Kemarin malam (11/1) Persis Solo jadi tamu khusus, Persebaya dalamsebuah lag auji coba di Stadion Gelora Bung Tomo. Pertemanan kedua tim ternyata sudah berjalan sejak lama. Bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka.

Saat berulang tahun di tahun 1936, SIVB mengundang Persis Solo beruji coba. Saat itu bahkan Persis sukses menang dengan skor telak 4-0.

Pada pertengahan bulan September 1939 Persis beruji coba denganPersibaja, dan hanya kalah tipis 4-5 dari tuan rumah.  Hasil lebih baik terjadi pada November 1939, Dimana dalam sebuah pertandingan di Lapangan Pasar Turi Surabaya, Persis berhasil menahan seri Persibaja 2-2 kala itu. 

Di kompetisi resmi PSSI, Persis dan Persibaja bersaing untuk jadi juara. Hasilnya Persis sukses menjadi juara di musim 1941, dan 1942, setelah mengalahkan tim asal Kota Pahlawan tersebut. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia