Sabtu, 22 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Bulan Depan, Pasar Legi Ditargetkan sudah Rata Tanah

16 Januari 2020, 13: 25: 59 WIB | editor : Perdana

Kios-kios di Pasar Legi yang dibongkar secara bertahap. Setelah bersih, segera dibangun bangunan pasar baru

Kios-kios di Pasar Legi yang dibongkar secara bertahap. Setelah bersih, segera dibangun bangunan pasar baru (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pembongkaran bekas kios dan bangunan lain di kompleks Pasar Legi terus berlanjut. Ditargetkan pada Februari lokasi tersebut sudah bersih dan siap dibangun bangunan baru oleh pemerintah pusat. 

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, sejumlah kios di sisi terluar Pasar Legi mulai diratakan dengan alat berat. Termasuk kantor pengelola di area tengah pasar.

“Diawali pembongkaran kios-kios yang melingkar di Pasar Legi dulu. Seperti kios daging, kuliner, dan lainnya. Disisakan beberapa kantor bank yang belum dibongkar," jelas Lurah Pasar Legi Marsono, Rabu (15/1).

Rampung merobohkan kios, pembongkaran berlanjut ke bagian tengah pasar dan kawasan lainnya seperti hanggar bekas pasar darurat dan bangunan pasar lantai dua di sisi timur.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Surakarta Heru Sunardi menargetkan pembongkaran dan perataan tanah bangunan Pasar Legi itu rampung sebulan ke depan, sehingga bisa segera dibangun pasar yang baru.

"Ini dimaksimalkan pembongkarannya dulu. Setelah itu meratakan tanah bekas bongkaran. Pertengahan Februari rampung," kata dia.

Ditambahkan Heru, pembangunan pasar menelan anggaran Rp 150 miliar. Proses lelang telah rampung bulan ini. Akses kendaraan berat pengangkut material diarahkan ke jalan utama sehingga tidak mengganggu kegiatan jual beli di pasar darurat. “Juga diminta melakukan aktivitas waktu lalu lintas lengang, seperti malam hari dan sebagainya,” ujarnya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia