Sabtu, 22 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Pilwalkot Solo, PKS Tunggu Rekomendasi Calon PDIP, Akankah Berkoalisi?

17 Januari 2020, 10: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Anggota Fraksi PKS DPRD Surakarta Sugeng Riyanto

Anggota Fraksi PKS DPRD Surakarta Sugeng Riyanto

Share this      

SOLO – Rekomendasi calon wali kota dan wakil wali kota dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP bukan hanya ditunggu oleh internal partai berlambang banteng moncong putih. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan partai di luar PDIP pun harap-harap cemas dengan ‘surat sakti’ tersebut.

Anggota Fraksi PKS DPRD Surakarta Sugeng Riyanto mengaku, rekomendasi DPP PDIP menjadi salah satu dasar sikap PKS dalam pemilihan wali kota (pilwalkot) tahun ini. Partainya kini tengah menyusun beberapa skema untuk bersikap setelah PDIP menetapkan calon wali kota dan wakil wali kota nanti.

“Arah anginnya seperti itu. Semua masih menunggu rekomendasi PDIP dijatuhkan ke siapa. Berbagai simulasi-simulasi sudah kami siapkan,” katanya, Kamis (16/1).

PKS sendiri, lanjut Sugeng, memilih realistis menghadapi pilwalkot tahun ini. Dengan lima kursi di DPRD, partai berlambang padi emas ini tak bisa mencalonkan wali kota sendiri. PKS harus berkoalisi minimal dengan tiga partai untuk mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

“Yang dilakukan PKS saat ini adalah menentukan dengan siapa berkoalisi? Saat ini sudah berkomunikasi dengan partai lain. Ada peluang membangun koalisi dengan partai di luar PDIP. Masih ada Golkar, PAN, Gerindra,” papar pria yang juga menjabat wakil ketua DPRD Kota Surakarta itu.

Namun, PKS juga tidak menutup kemungkinan membuka koalisi dengan PDIP sebagai partai penguasa parlemen.  Nasib serupa juga dialami Partai Amanat Nasional (PAN). Wakil Ketua DPD PAN Surakarta Muhammad Al Amin menjelaskan jika partainya juga menunggu keputusan rekomendasi dari DPP PDIP.

“Kami juga komunikasi dengan partai-partai lain meski informal. Yang jelas semua masih menunggu PDIP,” katanya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia