Sabtu, 22 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Bangun Flyover, Separo Pepohonan Rampung Dipindahkan

19 Januari 2020, 09: 10: 59 WIB | editor : Perdana

DIKEBUT: Petugas memangkas dahan pohon di kawasan Purwosari sebelum dipindahkan ke taman bibit kompleks Taman Balekambang.

DIKEBUT: Petugas memangkas dahan pohon di kawasan Purwosari sebelum dipindahkan ke taman bibit kompleks Taman Balekambang. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemindahan ratusan batang pohon di jalur hijau kawasan Purwosari, Jalan Slamet Riyadi terus dilakukan jelang dimulainya proyek Flyover Purwosari awal Februari mendatang. Hingga saat ini, upaya pemindahan vegetasi telah separo.

Beragam alat berat digunakan untuk mencabut akar pohon. Setelah itu, pohon diangkut ke taman bibit di kompleks Taman Balekambang. “Paling hanya tinggal pohon-pohon skala medium dan besar yang menunggu pemindahan,” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta Gatot Sutanto, Sabtu (18/1). 

Sambil menyelesaikan sisa pekerjaan tersebut, DLH mulai memangkas sejumlah pohon di timur perlintasan sebidang kereta api (KA) Purwosari. Gatot optimistis akhir bulan ini seluruh upaya pemangkasan dan pemindahan pohon di lokasi proyek Flyover Purwosari rampung. 

“Perhitungannya dulu selesai akhir bulan ini atau awal bulan depan. Tapi, karena penutupan simpang sebidang KA Purwosari dilakukan 4 Februari, ya diupayakan sebelum itu pemindahan pohon klir,” urainya.

Sekadar informasi, selain pemindahan 337 batang pohon di sekitar lokasi proyek, pemkot juga menerapkan manajemen dan rekayasa lalu lintas saat pembangunan berlangsung. Sosialaisasi sudah disampaikan kepada warga terdampak, Selasa (14/1).

“Usulan masyarakat soal dampak lingkungan seperti kemacetan dan lainnya segera dicarikan solusi. Tapi soal usulan kompensasi dalam bentuk uang, ya tidak bisa,” ungkap Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo belum lama ini. (ves/wa

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia