Kamis, 20 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Olahraga
PIALA DUNIA U-20, KAMI DATANG!!

Stadion Manahan Resmi Jadi Tuan Rumah

24 Januari 2020, 12: 30: 59 WIB | editor : Perdana

MEGAH: Suasana Stadion Manahan  yang sudah direvitalisasi. Stadion ini dipastikan akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

MEGAH: Suasana Stadion Manahan  yang sudah direvitalisasi. Stadion ini dipastikan akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – PSSI akhirnya sudah melakukan pertemuan dengan FIFA, untuk membahas tentang persiapan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. FIFA akhirnya memutuskan untuk menunjuk enam stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2021.

Stadion kebanggaan wong Solo, yakni Stadion Manahan akhirnya termasuk di dalamnya. Lima venue lainnya yang dipastikan ditunjuk adalah Stadion Gelora Utama Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Mandala Krida (Jogjakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali) menjadi venue yang ditunjuk FIFA. 

Sebelumnya FIFA hanya menginginkan empat stadion saja yang akan dipergunakan, namun setelah bertemu dengan PSSI beberapa hari lalu akhirnya FIFA menyetujui untuk menambah dua stadion lagi. "Jumlah stadion yang semula akan ditetapkan oleh FIFA hanya empat stadion utama, akhirnya disetujui oleh FIFA menjadi enam stadion utama," ucap Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto dalam rilis resminya yang diterima koran ini.

PSSI sendiri sudah bertemu dengan FIFA di kantor FIFA di Swiss, 17 dan 18 Januari lalu. Pelaksanaan PIala Dunia U-20 2021 dipastikan akan berlangsung 24 Mei sampai 12 Juni 2021. Ini digelar setelah hari Raya Idul Fitri, yang diperkirakan akan berlangsung 14 Mei 2021.

rencananya pemerintahan Indonesia dan pengurus PSSI  untuk memundurkan jadwal jadi Juli 2021, namun ternyata sulit dilakukan. Ini lantaran setelah Piala Dunia U-20 2021, akan digelar FIFA Club World Cup di Tiongkok. Ditambah kendala kompetisi di Eropa dan Amerika juga sudah mulai bergulir.

FIFA sendiri berencana Maret 2020 akan melakukan inspeksi awal untuk melihat seluruh fasilitas infrastruktur stadion dan kelengkapannya. FIFA berencana akan mengadakan drawing dan workshop di Bali, Januari 2021 mendatang.

Di lain sisi, FIFA memberi syarat bahwa setiap pertandingan dari babak awal hingga puncak di seluruh venue pertandingan, diharapkan minimal dihadiri penonton sebanyak 10.000 hingga 20.000 orang.

Setiap venue stadion utama, diwajibkan menyediakan VAR room. FIFA sendiri akan mendatangkan peralatan VAR ke stadion utama agar bisa digunakan saat kejuaraan nanti. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia