Sabtu, 22 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Olahraga

Fasilitas Lapangan Pendukung PD U-20 2021 Harus Standar Internasional

25 Januari 2020, 13: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Pekerja tengah memotong rumput di lapangan stadion Sriwedari

Pekerja tengah memotong rumput di lapangan stadion Sriwedari (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Ditunjuknya Stadion Manahan sebagai tuan rumah Piala Dunia (PD) U-20 2021 tentu juga berdampak ke lapangan-lapangan di Solo. Sebagai lapangan pendukung, beberapa lapangan lain juga harus direnovasi dengan standar internasional. Pemkot sudah mengajukan lima lapangan yang siap diperuntukkan buat lokasi latihan tim peserta Piala Dunia U-20. Mulai dari Stadion Sriwedari, Lapangan Kota Barat, Lapangan Banyuanyar, Lapangan Sriwaru, dan Lapangan Karangasem.

“Lapangan pendukung harus standar internasional. Contoh Lapangan Kota Barat harus dilebarkan ukuran lapangannya. Nanti lintasan larinya akan dihilangkan. Banyuanyar juga perlu diperbaiki. Untuk di Karangasem serapan air harus seperti di Manahan. Harus ada ruang ganti dan toilet, juga di semua lapangan latihan. Minimal seperti di Sriwedari, tapi perlu ada penambahan lagi juga,” terang Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo.

FIFA mewajibkan lapangan pendukung perlu memiliki beberapa fasilitas. Mulai dari loker room, ruang ganti, dan WC. Rumput lapangan harus berstandar internasional.

“Lapangan pendukung untuk latihan, intinya dari sisi standar, kami belum bisa memenuhi. Ini dalam inti yang digariskan FIFA dan PSSI. Terapinya harus dilakukan perbaikan dan renovasi yang harus memenuhi standar,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surakarta Joni Hari Sumantri.

Joni menjelaskan, kondisi rumput lapangan latihan harus sama kualitasnya dengan yang ada di Stadion Manahan. Ruang ganti, toilet juga menjadi perhatian utama harus dimiliki di lapangan pendukung. ”Kalau soal lampu belum ada petunjuk langsung dari FIFA, karena belum tahu juga ada penggunaan latihan malam hari atau tidak,” sambungnya. (mg1/mg2/nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia