alexametrics
Kamis, 02 Apr 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Drumband SMPN 1 Baki Jadi Andalan

11 Februari 2020, 16: 15: 56 WIB | editor : Perdana

ENERGIK: Penampilan drumband SMPN 1 Baki.

ENERGIK: Penampilan drumband SMPN 1 Baki. (RAGIL LISTIYO/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Drumband SMPN 1 Baki tampil menonjol dalam pembukaan Pekan Olahraga Daerah (Popda) pelajar SMP/sederajat Sukoharjo 2020. Drumband berjuluk Esbatu (singkatan dari SMPN Baki 1) itu ternyata sudah sering tampil di acara tingkat kabupaten. Bahkan tak jarang mendapat undangan langsung dari bupati Sukoharjo

”Ini kali kedua grup drumband Esbatu diundang ke acara Pemkab Sukoharjo. Sebelumnya tampil di Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Kabupaten pada 2019 lalu. Kemudian muncul juga di Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 74 di Kecamatan Baki,” terang Kepala SMPN 1 Baki Jaka Supaya Bagya Santosa di GOR Merdeka, Bendosari.

Jaka mengaku total ada 70 siswa yang tergabung dalam ektrakurikuler sekolah ini. Seleksi untuk bergabung tidak sembarang, harus melalui tahap ketat.

”Dan ada juga yang ditunjuk langsung oleh guru kesiswaan. Terutama bagi anak yang memiliki bakat bermusik,” katanya.

Jaka mengaku drumband Esbatu memiliki ikon sendiri yakni penari bendera. Selama ini drumband tingkat sekolah jarang yang menampilkan penari bendera. Itu yang jadi salah satu alasan drumband ini kerap jadi langganan Pemkab Sukoharjo untuk memeriahkan acara, terutama pagelaran lomba olah raga.

”Drumband Esbatu menjadi salah satu andalan sekolah karena bisa tampil diberbagai acara,” imbuhnya.

Salah satu mayoret drumband Esbatu kelas 7D Aurillia Belbina mengaku hanya berlatih selama tiga minggu sebelum tampil di pembukaan Popda. Namun, karena sebelumnya pernah pementasan jadi hanya mengulang latihan. Aurillia mengaku senang bisa pentas di acara Pemkab Sukoharjo.

”Senang bisa pentas dan memberikan penampilan maksimal. Apalagi kami pentas di penutup acara. Jadi terasa meriah saja,” katanya. (rgl/adi)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia