Rabu, 26 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Klaten

KA Bandara Uji Coba sampai Klaten, Potensi Penumpang Capai 10 Persen

11 Februari 2020, 20: 10: 39 WIB | editor : Perdana

KA BIAS berhenti di Stasiun Klaten, Selasa (11/2).

KA BIAS berhenti di Stasiun Klaten, Selasa (11/2). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan uji coba Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) dengan rute Stasiun Klaten menuju stasiun Bandara Adi Soemarmo. Uji coba yang rencananya dilakukan selama dua hari itu disambut positif Pemkab Klaten.

”Bagus, itu kan bagian dari pelayanan. Jadi memberikan banyak pilihan alternatif kepada warga ketika hendak ke Bandara Internasional Adi Soemarmo. Mau menggunakan transportasi darat bisa, mau menggunakan kereta juga bisa,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten Sudiyarsono, Selasa (11/2).

Diakui dia, potensi penumpang asal Klaten cukup besar, mencapai 10 persen dari total jumlah penumpang KA BIAS per harinya. Hal itu berdasarkan kajian yang dilakukan pihak bandara beberapa waktu lalu. Sudiyarsono pun mencontohkan, jika ada 1.000 penumpang di KA BIAS, maka 100 orang di antaranya berasal dari Klaten.

Potensi penumpang asal Klaten yang cukup besar itu menjadi salah satu pertimbangan kemenhub untuk memperpanjang rute dari Stasiun Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo hingga ke Stasiun Klaten.

Sementara itu, salah seorang penumpang kereta api di Stasiun Klaten Trisa, 31, menyambut positif keberadaan KA BIAS yang sedang melakukan uji coba tersebut. Apalagi, dia sering menggunakan transportasi pesawat terbang untuk pulang kampung ke Medan.

”Saya justru baru tahu kalau ada kereta bandara yang bisa sampai Stasiun Klaten. Saya melihatnya justru lebih efektif terkait waktu perjalanannya, daripada menggunakan kendaraan pribadi,” jelas Trisa.

Dia berharap rute KA BIAS bisa menjangkau hingga ke Jogja. Mengingat saat ini New Yogyakarta International Airport (NYIA) berada di Kulon Progo sehingga lebih jauh daripada ke Bandara Adi Soemarmo. (ren/ria)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia