Rabu, 26 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Jalan Kolonel Sugiono Harus Bebas Rosok, Ganggu Lalu Lintas!

12 Februari 2020, 12: 15: 59 WIB | editor : Perdana

Gudang rosok di Jalan Kolonel Sugiono menjadi target penertiban satpol PP.

Gudang rosok di Jalan Kolonel Sugiono menjadi target penertiban satpol PP. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemkot akan menertibkan pengusaha rosok di kawasan Jalan Kolonel Sugiono, Joglo, Kadipiro, Banjarsari. Itu karena tumpukan rosok dinilai kerap meluber ke badan jalan dan dapat mengganggu lalu lintas.

Penertiban bukan hanya menyasar pengusaha rosok, namun juga hunian liar di pinggir rel kereta api (KA). Berdasarkan catatan pemkot, terdapat 25 rumah dan gudang rosok serta 62 hunian di tepi rel KA. Pemkot telah menyurati seluruh pengusaha rosok dan penghuni banggunan sebagai bentuk peringatan.

“Semua (pengusaha rosok dan pemilik bangunan) sudah kami panggil dan kumpulkan untuk mendapatkan sosialisasi. Di Jalan Kolonel Sugiono ada bangunan yang menjorok sampai menutupi saluran drainase, penyetor rosok yang parkir di jalan, serta hunian liar,” terang Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Surakarta Agus Sis Wuryanto, Selasa (11/2).

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Agus, disepakati pemilik dan penghuni bangunan diberi waktu hingga 22 Februari untuk angkat kaki. “Tidak ada lagi barang-barang rosok yang memakan jalan. Tidak ada lagi bangunan yang menutup drainase. Tidak ada lagi hunian tidak berizin di sana,” tandasnya.

Bila peringatan tersebut tidak dipatuhi, satpol PP akan bertindak tegas. Aparat penegak peraturan daerah itu akan menertibkan secara paksa. “Ketidaktertiban itu berdampak buruk bagi Kota Solo. Misalnya banjir akibat drainase yang tertutup. Kecelakaan karena parkir rosok tidak tertib dan sebagainya,” ucapnya.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menegaskan, penertiban yang dilakukan satpol PP merupakan upaya menjadikan Kota Solo lebih nyaman. Namun, dia mewanti-wanti penertiban dilakukan secara humanis. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia