Rabu, 26 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Olahraga

Jamin Laga Persis vs Persib di Manahan Kondusif,Wali Kota Pasang Badan

12 Februari 2020, 08: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Pemain Persis Solo terus mempersiapkan diri jelang Liga 2 2020, termasuk laga uji coba melawan Persib Bandung.

Pemain Persis Solo terus mempersiapkan diri jelang Liga 2 2020, termasuk laga uji coba melawan Persib Bandung. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Publik sepakbola Kota Solo sempat dibuat waswas dengan belum turunnya izin pemakaian Stadion Manahan untuk laga persahabatan Persis Solo kontra Persib Bandung, Sabtu (15/2). Namun, laga dalam rangka memperingati HUT ke-20 Pasoepati dan HUT ke-275 Kota Solo itu akhirnya jadi digelar setelah mendapat izin dari pemerintah pusat.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo pasang badan dan memberi jaminan bahwa laga yang dinanti-nanti masyarakat Solo itu akan berjalan kondusif. Ya, memang sempat ada kekhawatiran dari pemerintah pusat karena hasil renovasi Stadion Manahan belum diserahkan ke pemkot. Sehingga muncul kabar jika laga uji coba di Stadion Manahan akan batal.

Namun, baik wali kota maupun panitia pertandingan dari Pasoepati memastikan, izin itu telah keluar, Selasa  (11/2). Wali kota kabarnya bahkan langsung menghubungi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

”Momen ini adalah ajang uji coba lapangan, pemain, dan pembelajaran untuk suporternya. Mari buktikan selama pertandingan berlangsung kita bisa menjaga kondusivitas, keamanan, dan kebersihan di area stadion,” tegas wali kota.

Selain itu, wali kota yang akrab disapa Rudy itu juga mengingatkan suporter untuk menjaga calon venue Piala Dunia U-20 2021 itu. ”Jaga nama baik kita bersama dan seluruh fasilitas serta kebersihan area Stadion Manahan. Itu wujud komitmen Kota Solo menjadi tuan rumah FIFA U-20 Tahun 2021,” jelasnya.

Pasoepati tak mau kalah memperjuangkan izin ke kementerian PUPR. Ketua panitia pertandingan Sengkut Pandega bertolak ke Jakarta untuk menghadap kementerian PUPR, dengan agenda perizinan laga pertama di Manahan pasca renovasi. Ternyata upaya itu membuahkan hasil.

”Alhamdulillah tadi pagi saya ditelepon Pak Rudy selaku wali kota bahwa beliau sudah menghubungi Pak Basuki (Menteri PUPR,Red). Beliau berani menjaminkan laga nanti kondusif,” kata Presiden DPP Pasoepati Aulia Haryo Suryo.

Dia memaklumi jika sempat ada kekhawatiran dari Pemkot Solo. Itu karena Stadion Manahan baru saja selesai direvitalisasi. Apalagi Stadion Manahan akan menjadi venue Piala Dunia U-20 tahun 2021. Dia juga meminta anggotanya komitmen menjaga kondusivitas selama pertandingan.

”Saya dan Pak Rudy sudah berkomitmen bahwa kita harus sama-sama menjaga ketertiban, keamanan, dan kebersihan,” tandas pria yang akrab disapa Rio itu.

Sementara itu, penjualan tiket pertandingan masih terus berjalan. DPP hingga korwil-korwil Pasoepati hingga kemarin sudah berhasil menjual tiket sekitar 17.500 lembar. (adi/ria)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia