Rabu, 26 Feb 2020
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Bandara Internasional Adi Soemarmo Tambah Rute ke Kalimantan

13 Februari 2020, 08: 30: 59 WIB | editor : Perdana

KIAN PADAT: Penumpang diperiksa di security check Bandara Internasional Adi Soemarmo.

KIAN PADAT: Penumpang diperiksa di security check Bandara Internasional Adi Soemarmo. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Rute penerbangan di Bandara Internasional Adi Soemarmo bakal ditambah. Akhir Maret nanti, akan dibuka penerbangan rute Solo-Pangkalan Bun, Kota Waringinbarat, Kalimantan Tengah. Serta rute Solo-Tanjung Karang, Bandar Lampung. Rute ini dilayani maskapai NAM Air.

Sebelumnya, maskapai ini pernah membuka rute Solo-Banjarmasin di Bandara Internasional Adi Soemarmo. Namun kemudian off. “Sempat tutup memang. Dan sekarang NAM Air expand dari Jogja, pindah ke Solo. Mengembangkan rute baru lagi. Ini potensi pasar yang ditangkap oleh airlines dengan membuka rute ke Kalimantan,” beber Airport Operation and Safety Senior Manager Bandara Adi Soemarmo Goentoro kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (12/2).

Saat ini, NAM Air tengah menjalani proses pengajuan izin rute. Proses yang sama dilakukan Xpress Air. Targetnya, kedua maskapai bakal beroperasi bersamaan pada akhir Maret. “Xpress Air akan melayani rute Solo-Kalimantan. Dengan rute Palembang, Samarinda, Pontianak, ditambah Lampung. Rencananya beroperasi mulai 21 Maret mendatang,” imbuhnya.

Goentoro menambahkan, memasuki low season, ada beberapa maskapai yang mulai menurunkan tarif. Upaya ini dianggap efektif untuk mendongkrak traffic penumpang bandara. Sebesar 2 persen dibandingkan hari biasa.

“Kami masih di angka 4.000-4.500 penumpang sehari. Sebelumnya hanya 3.900-4.000 penumpang sehari,” ungkapnya. (aya/fer)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia