alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarsolo
Home > Radar Solo Events
icon featured
Radar Solo Events

Peserta Tryout di SMP Mupat Joged Membeludak, Tembus Ribuan Siswa

17 Februari 2020, 17: 34: 13 WIB | editor : Perdana

BUDAYAKAN MEMBACA: Peserta foto bersama usai Gebyar Trayout SD/MI, Pentas Seni dan Literasi Membaca di SMP Muhammadiyah 4 Mojogedang, Minggu (16/2).

BUDAYAKAN MEMBACA: Peserta foto bersama usai Gebyar Trayout SD/MI, Pentas Seni dan Literasi Membaca di SMP Muhammadiyah 4 Mojogedang, Minggu (16/2). (SEPTIAN REVINDA/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Ribuan pelajar memadati SMP Muhammadiyah 4 Mojogedang (Mupat Joged), kemarin (16/2). Para siswa tingkat SD/MI se-Kabupaten Karanganyar ini mengikuti Gebyar Trayout SD/MI, Pentas Seni dan Literasi Membaca. Acar terselenggara berkat kerja sama dengan Jawa Pos Radar Solo.

Meski hari libur, ribuan siswa tetap antusiasi mengikuti seluruh sesi acara. Dimulai dari mengerjakan soal-soal tryout. Setelah itu, mereka menyemut di halaman sekolah setempat. Satu-persatu dibagikan koran Jawa Pos Radar Solo untuk dibaca. Kendati cuaca cukup terik, mereka tetap semangat mengikuti gerakan literasi tersebut.

Peserta diajak membaca berita dan memilih foto paling menarik. Sejumlah peserta berani maju ke depan untuk menjelaskan berita dan foto pilihannya.

“Aku suka berita dan foto di halaman Traveling karena suka jalan-jalan. Senang sekali bisa baca koran bareng teman-teman. Jadi semangat bacanya,” ujar Aisyah, siswa MI Sudirman, Munggur, Mojogedang ini.

Kepala SMP Muhammadiyah 4 Mojogedang Sri Yuniati mengaku gerakan literasi gencar dilakukan. Antusias siswanya luar biasa. Terbukti dari hasil rekap peminjaman buku di perpustakaan. Banyak siswa berkunjung dan meminjam buku. Capaian ini tak lepas dari fasilitas pendukung literasi yang sangat memadai.

“Usai salat Duhur kami biasakan siswa membaca buku di perpustakaan. Banyak sekali jenis bukunya. Sehingga siswa tidak bosan. Selain itu, kami juga sisipkan gerakan literasi di tiap mata pelajaran,” urainya.

Mupat Joged tercatat salah satu sekolah yang aktif berpartisipasi dalam gerakan literasi. Yuniati berharap dari kerja sama dengan Jawa Pos Radar Solo ini, siswa memahami banyak hal usai membaca. Sekaligus menuangkannya dalam karya tulis. 

“Kami sangat menyambut baik kegiatan literasi membaca yang didukung tim Jawa Pos Radar Solo. Semoga memotivasi anak-anak untuk gemar membaca. Mudah-mudahan tahun depan kami bisa menerbitkan sebuah produk dalam bentuk majalah sekolah,” tandasnya. (mg4/aya/fer)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia