alexametrics
Kamis, 09 Apr 2020
radarsolo
Home > Sukoharjo
icon featured
Sukoharjo

Hari Ini Tes CPNS Sukoharjo Dimulai, Peserta Telat Terancam Tak Lulus

22 Februari 2020, 06: 30: 59 WIB | editor : Perdana

Peserta seleksi CPNS melakukan kelengkapan berkas sebelum mengikuti tes.

Peserta seleksi CPNS melakukan kelengkapan berkas sebelum mengikuti tes.

Share this      

SUKOHARJO – Pelaksanaan tes seleksi kemampuan dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Sukoharjo digelar hari ini (22/2). Peserta diwanti-wanti agar peserta tidak terlambat ke lokasi. Sebab, lima menit sebelum tes PIN registrasi computer assisted test (CAT) tidak akan muncul.

Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Ahmad Fajar Romdhoni mengatakan, ada 9.361 peserta yang telah lolos seleksi administrasi. Sebanyak 27 CPNS Sukoharjo akan mengikuti tes SKD kloter terakhir hari ini (21/3). Kloter kedua tersebut akan digabungkan dengan Wonogiri. Baru setelahnya seluruh peserta berasal dari Sukoharjo.

“Pelaksanaan tes CPNS akan digelar sampai 26 Februari. Setiap hari ada lima sesi tes SKD. Tiap sesi sebanyak 450 peserta,” katanya, Jumat (21/2).

Fajar mengingatkan agar peserta tidak perlu membawa barang berlebihan. Sebab, ketika memasuki ruangan peserta akan diperiksa menggunakan metal detector. Peserta hanya diperkenankan membawa KTP dan kartu tes. Bila ketahuan membawa barang lain maka akan langsung disita.

“Sedangkan di ruangan saat pelaksanaan tes akan diawasi langsung oleh pengawas dari Badan Kepegawaian Negara (BKN),” katanya.

Fajar mengimbau agar peserta tes datang tepat waktu. Sebab, pin register untuk membuka soal akan ditutup lima menit sebelum tes dilakukan. Sehingga jika terlambat mengakses pin register soal, maka peserta otomatis akan gagal. Fajar mengatakan agar peserta CPNS melakukan registrasi satu setengah jam sebelum tes di mulai.

“Nanti 45 menit sebelum tes peserta akan diberi pengarahan dan tutorial pelaksanaan CAT oleh petugas. Pokoknya jangan sampai terlambat mengakses pin registrasi. Begitu terlambat gagal membuka soal dan otomatis gagal. Keberhasilan di tangan peserta, jangan lupa berdoa agar Tuhan memberikan hasil yang terbaik,” ungkapnya.

Tes SKD sendiri akan dilaksanakan selama lima hari pada 22 -26 Februari mendatang. Sebanyak 9.361 peserta yang lolos tersebut terbagi dalam 22 sesi tes. Dilaksanakan di Gedung Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Kampung Dadapan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

Fajar mengaku Sukoharjo mendapat urutan terakhir dalam pelaksanaan tes setelah Kabupaten Wonogiri. Sementara pada 23 - 25 Februari tes akan dilangsungkan dalam lima sesi di tiap harinya. Baru di hari terakhir pada 26 Februari tes SKD hanya dilangsungkan tiga sesi. Fajar mengaku ditiap sesi akan diisi sebanyak 450 peserta tes.

“Nah, pada sesi terakhir di hari terakhir itu nanti diikuti peserta tes yang tersisa yakni 334 peserta,” ungkapnya. 

Total pelamar CPNS Sukoharjo sendiri sebanyak 10.599. Dengan pendaftar yang tidak lolos administrasi sebanyak 1.238. Sebanyak 9.361 peserta yang lolos dan telah melalui masa sanggah.

Fajar mengaku, setelah tes SKD akan ada pengumuman. Kemudian peserta yang lolos akan menjalani tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Setelah tes SKB selesai akan dipilih tiga peserta di masing-masing formasi. Pemilihan peserta lolos seleksi CPNS didasarkan pada total nilai dari hasil SKD dengan bobot 40 persen dan SKB dengan bobot sebesar 60 persen. Baru pengumuman final peserta yang lolos tes CPNS akan diumumkan pada April mendatang. (rgl/bun) 

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia