alexametrics
Selasa, 31 Mar 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Pasangan Balon Independen 'Amal' Serahkan 38 Ribu Dukungan ke KPU Solo

Siap Bersaing dengan Gibran atau Purnomo

24 Februari 2020, 01: 31: 12 WIB | editor : Perdana

Pasangan balon wali kota-wawali Kota Surakarta Muhammad Ali-Achmad Abu Jazid serahkan syarat dukungan ke kantor KPU, Minggu (23/2) malam.

Pasangan balon wali kota-wawali Kota Surakarta Muhammad Ali-Achmad Abu Jazid serahkan syarat dukungan ke kantor KPU, Minggu (23/2) malam. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Pasangan bakal calon (balon) wali kota-wakil wali kota dari jalur independen Muhammad Ali-Achmad Abu Jazid benar-benar menepati perkatannya. Pasangan tersebut mengirimkan berkas syarat dukungan ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta, Minggu (23/2) malam. Atau beberapa jam sebelum tahapan penyerahan berkas dukungan ditutup.

"Persiapan sampai hari ini sudah maksimal. Selebihnya dari awal dan sampai akhir kita berkewajiban untuk berusaha semaksimal mungkin sampai batas kemampuan kita. Selanjutnya kita berserah diri kepada Allah," kata Muhammad Ali di kantor KPU.

Disebutkan dia, pihaknya telah mendapat 38.743 dukungan. Dukungan merata dari seluruh kecamatan dan berkasnya telah diserahkan ke KPU.

"Sudah ada semua berkas hardcopy-nya. Insya Allah malam in kita sampaikan ke KPU," kata pria yang akrab disapa Abah Ali ini.

Lebih lanjut diakui Abah Ali, selama mengumpulkan syarat dukungan pihaknya tidak menemui kendala yang berarti. Bahkan, sejak mempublikasikan diri untuk menempuh jalur independen, banyak masyarakat yang datang sendiri menyerahkan syarat dukungan mereka.

Sementara itu, Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti mengatakan, syarat dukungan minimal untuk calon perseorangan adalah 35.870. Sesuai silon, pasangan bakal calon Muhammad Ali-Achmad Abu Jazid memperoleh 38.743 dukungan.

"Untuk Muhammad Ali-Achmad Abu Jazid sudah lebih. Kita sudah terima melalui online dan offline, artinya dukungan yang softcopy sudah kita terima. Ini kita menunggu dukungan yang hardcopy-nya," kata Nurul, kemarin.

Menurut Nurul, pihaknya akan mengcek satu per satu mulai dari B.2-KWK atau rekap tingkat kota. Kemudian juga mengecek B.1.1-KWK asli beserta salinannya, yaitu rekap tingkat kelurahan. Serta B.1.1 atau syarat dukungan pasangan bakal calon berdasarkan rekap B.1.1-KWK.

"Mungkin akan membutuhkan waktu yang lama dan panjang karena berdasarkan pengalaman bapaslon sebelumnya kami itu membutuhkan waktu sekitar hampir dua hari. Dokumen akan dijaga oleh tim nya," papar Nurul.

Seperti diketahui, sebelumnya KPU Surakarta telah menerima berkas dukungan dari pasangan bakal calon Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Badjo) pada Jumat (21/2). Mereka mengatakan, telah membawa 41.425 dukungan dari masyarakat untuk maju dalam Pilwalkot Solo 2020 melalui jalur perseorangan.

Sama-sama memilih jalur nonpartai, baik pasangan Badjo maupun Muhammad Ali-Achmad Abu Jazid (Alam) siap bersaing dengan calon-calon dari parpol. Termasuk menghadapi calon dari partai mayoritas, PDIP serta parpol-parpol pendukungnya. PDIP sendiri saat ini punya dua bakal calon wali kota yang masih menunggu rekomendasi. Yakni Achmad Purnomo dan Gibran Rakabuming Raka. (kwl/ria)


(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia