alexametrics
Rabu, 01 Apr 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Satpol PP Ciduk Tiga Pembuang Sampah di Sungai

26 Februari 2020, 15: 09: 32 WIB | editor : Perdana

RAWAN: Bengawan Solo sering dijadikan jujugan bagi pembuang sampah.

RAWAN: Bengawan Solo sering dijadikan jujugan bagi pembuang sampah.

Share this      

SOLO – Tindakan tegas pemkot membawa pembuang sampah di sungai ke pengadilan tetap tidak membuat jera. Buktinya, tiga orang kembali dipergoki berbuat tidak terpuji. Mereka pun akhirnya diamankan satpol PP dan diajukan ke meja hijau.

Ketiga pelaku pembuangan sampah tersebut terjaring razia pada Senin (24/1) pagi. Mereka tertangkap tangan saat sedang membuang sampah ke aliran Sungai Bengawan Solo di Jembatan Jurug sekitar pukul 05.30. 

“Ketiganya langsung kami bawa ke kantor satpol PP untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” jelas Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Solo Agus Sis Wuryanto, Selasa (25/2) siang.

Razia di lokasi itu dilakukan sesuai laporan warga. Mereka resah dengan aktivitas pembuangan sampah sembarangan dari atas jembatan tersebut. Senin (24/2) pukul 04.00, petugas satpol PP Surakarta mulai mengawasi lokasi yang rawan pembuangan sampah sembarangan. “Sampah yang akan dibuang ketiga warga ini berupa limbah pemotongan ayam dan limbah rumah makan. Kami juga amankan barang bukti berupa sampah. Ini bisa jadi peringatan warga lainnya, terutama yang tinggal di sepanjang sungai agar tidak buang sampah ke sungai,” papar dia.

Ketiga pelaku dijadwalkan menjalani sidang tipiring di Pengadilan Negeri (PN) Surakarta, Kamis (27/2) depan. Mereka terbukti melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Surakarta Nomor 10 Tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Tiga orang ini satu dari Solo dan dua lainnya dari Karanganyar. Saat tertangkap sedang membuang sampah ke sungai. Mereka sadar kalau itu salah, namun membela diri karena tidak tahu aturan yang berlaku. Setelah kami beri pembinaan kita ajukan untuk sidang di pengadilan Kamis (27/2) besok,” imbuh Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Kota Surakarta Mardiono Joko Setiawan.

Ketiga pelaku pembuangan sampah sungai tersebut mengawali data tangkapan pembuangan sampah tahun ini. Dan menambah catatan puluhan kasus serupa sepanjang 2019 lalu. “Tahun kemarin ada puluhan pembuang sampah yang sudah diajukan sampai sidang. Tahun  ini baru tiga orang. Bisa saja ini akan bertambah seiring kegiatan serupa di titik lainnya. Kami harap masyarakat bisa lebih peduli dalam pengawasan lingkungan ke depan,” tutur Joko. (ves/bun)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia