alexametrics
Senin, 06 Apr 2020
radarsolo
Home > Sragen
icon featured
Sragen

Demokrat Dukung Yuni-Suroto, Sukiman-Dedy Gerilya Buru Tiket Pilkada

27 Februari 2020, 07: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Ketua DPC Partai Demokrat Sragen Budiono Rahmadi.

Ketua DPC Partai Demokrat Sragen Budiono Rahmadi. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Dukungan kepada calon bupati petahana Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang akan berpasangan dengan Suroto (PKB) dalam Pilkada Sragen 2020, bertambah. Terbaru, dukungan datang dari Partai Demokrat. Di sisi lain, Dedy Endriyatno (PKS) yang tengah dijodohkan dengan Sukiman, pengusaha dari Bandung asal Sragen terus membuka komunikasi dengan sejumlah partai politik (parpol).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Sragen Budiono Rahmadi menyampaikan, pengumuman resmi dukungan kepada Yuni-Suroto akan disampaikan setelah surat rekomendasi dua pasangan tersebut benar-benar turun. Saat ini, Partai Demokrat memiliki lima kursi di DPRD Sragen.

”Kami masih merapat ke Yuni-Suroto, tapi secara resmi baru kami sampaikan setelah surat rekomendasi turun. Karena kemarin kan memang baru pengumuman (di DPP PDIP, Red),” ujar Budiono, kemarin (26/2).

Sementara itu, PKS yang kali ini berpisah dengan PDIP terus menjalin komunikasi politik dengan partai lain. Langkah itu dilakukan untuk memenuhi persyaratan dukungan minimal maju dalam Pilkada 2020. PKS saat ini baru memiliki enam kursi di DPRD. Sementara untuk bisa mengajukan calon sendiri minimal harus memiliki sembilan kursi dari DPRD.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Idris Burhanudin menyampaikan, pihaknya masih membangun komunikasi lintas parpol untuk menguatkan dukungan pada Dedy Endriyatno. Selain itu, pihaknya tak menampik adanya sinyal positif dari pengusaha sukses Sukiman untuk berpasangan dengan Dedy.

”Sejauh ini belum ada progres terbaru. Masih bangun komunikasi, termasuk dengan Pak Sukiman,” bebernya.

Koordinator Lingkar Kajian Kebijakan dan Strategi Perubahan Sragen (Lintas) Saiful Hidayat menjelaskan, sejumlah parpol sudah menyatakan dukungannya kepada pasangan Sukiman-Dedy. Namun, Sukiman yang akan menempati posisi bakal calon bupati tetap akan menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat. Itu meski sudah marak kabar bahwa dukungan Demokrat bakal mengarah kepada petahana alias pasangan Yuni-Suroto.

”Tetap kami jalin silaturahmi. Pak Sukiman juga berkomunikasi dengan Gerindra yang ada di pusat, besok kami komunikasi dengan partai-partai lagi,” tutur Saiful.  

Saiful menjelaskan, pihaknya juga sudah bertemu mantan bupati Agus Fatchur Rahman. ”Secara pribadi, Agus mendukung. Namun statemen resmi baru akan disampaikan setelah SK Ketua DPD II Golkar kembali dipercayakan padanya,” tandasnya. (din/adi/ria)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia