alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarsolo
Home > Radar Solo Events
icon featured
Radar Solo Events

SD Muhammadiyah 1 Surakarta, Literasi Kesehatan, Budaya, dan Korona

16 Maret 2020, 17: 01: 16 WIB | editor : Perdana

GEMBIRA BERSAMA: Ratusan siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta saat mengikuti Literasi Kesehatan, Budaya, dan Covid-19 di halaman sekolah setempat, Jumat (15/3).

GEMBIRA BERSAMA: Ratusan siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta saat mengikuti Literasi Kesehatan, Budaya, dan Covid-19 di halaman sekolah setempat, Jumat (15/3). (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

Virus korona (Covid-19) mulai mewabah di tanah air. Tak terkecuali di Kota Solo. Memberi pemahaman tentang korona, SD Muhammadiyah 1 (Muhi) Ketelan, Surakarta menggelar Literasi Kesehatan, Budaya, dan Covid-19 di halaman sekolah setempat, Jumat (13/3).

KEGIATAN ini melibatkan ratusan siswa SD Muhi Ketelan. Menggandeng Jawa Pos Radar Solo. Literasi dipandu dua wartawan cilik SD Muhi Humaira Putri Dhia Syarafina dan Deandra Nafisa Putri. Para siswa dengan seksama membaca berita yang disuguhkan Jawa Pos Radar Solo. Beberapa di antaranya berani naik ke atas panggung untuk menyampaikan berita dan foto favorit.

Puas baca koran, siswa bergoyang cuci tangan. Dipandu petugas Puskesmas Setabelan. Mencontohkan cara mencuci tangan yang baik dan benar. 

“Di SD Muhi, berbagai kegiatan literasi rutin kami lakukan. Selain literasi dasar membaca buku 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar, juga ada literasi digital, finansial, dan kesehatan. Literasi kesehatan berperan agar siswa memahami petunjuk dan simbol-simbol terkait kesehatan,” beber Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta Sri Sayekti.

Menurutnya, literasi tak sebatas membaca dan menulis. Beragam literasi lainnya juga perlu dikembangkan. “Contohnya literasi finansial. Anak-anak sudah biasa tidak membawa uang ke sekolah. Mereka pakai satu kartu untuk transaksi apa pun. Ini juga upaya meningkatkan literasi kesehatan. Karena uang adalah salah satu sumber penyakit. Banyak bakteri bersarang,” paparnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya SD Muhammadiyah 1 Keletan dalam meningkatkan kesadaran para siswa akan pentingnya kesehatan. Namun dengan cara menyenangkan. Sayekti berharap siswanya senantiasa memiliki kepedulian terhadap kesehatan dan lingkungan. (adv/aya/fer)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia