alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Pemulihan Operasi Lebih Cepat dengan Arthroskopi

17 Maret 2020, 18: 55: 24 WIB | editor : Perdana

BERWAWASAN: Seminar Indriati Orthopedic & Spine Clinic.

BERWAWASAN: Seminar Indriati Orthopedic & Spine Clinic. (RS INDRIATI SOLO BARU FOR RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Kualitas pelayanan menjadi perhatian serius manajemen Rumah Sakit (RS) Indriati Solo Baru. Di antaranya ditunjukkan dengan membuka klinik baru, Orthopedic & Spine – Sport Injury Clinic yang bertempat di lantai 3.

Klinik ini merupakan klinik terpadu dan terintegrasi yang melayani keluhan akibat cedera saat berolahraga. Layanannya meliputi pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah orthopedic yang berkompeten dalam penanganan cedera akibat olahraga. Dilengkapi peralatan penunjang diagnostik berupa MRI, X-Ray, dan USG. 

Dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatologi konsultan RS Indriati Solo Baru Ariyanto Bawono mengatakan, penanganan cedera dengan teknik arthroskopi merupakan tindakan bedah orthopedic, baik untuk mendiagnosis maupun terapi sendi pada meniskus yang rusak.

“Teknik arthroskopi ini merupakan metode pembedahan yang dilakukan dengan memasukkan alat kecil seperti pensil yang berisi lensa kamera dan alat operasi, yang terhubung ke layar monitor agar dokter bisa memantau dan melakukan tindakan melalui alat kecil tersebut,” bebernya. 

Dengan demikian, imbuh Ariyanto, ini tidak dilakukan dengan membedah sendi, melainkan dengan membuat sayatan kecil dan melakukan tindakan operasi melalui alat canggih ini. Kelebihan teknik arthroskopi ini yaitu pemulihan post operasi yang lebih cepat, bekas luka tersamarkan, dan risiko infeksi lebih kecil. (rls/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia