alexametrics
Jumat, 10 Apr 2020
radarsolo
Home > Jateng
icon featured
Jateng

Siapkan Self Assesment, Libatkan Masyarakat Tracking Kasus Covid-19

Warga Bisa Lapor jika Pernah Kontak Pasien

20 Maret 2020, 07: 14: 22 WIB | editor : Perdana

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Share this      

SOLO – Data terbaru mengenai kasus korona (Covid-19) di Jawa Tengah (Jateng) bisa diakses masyarakat melalui website corona.jatengprov.go.id. Dalam website tersebut, telah diterangkan data jumlah pasien, peta persebaran hingga umah sakit yang menangani.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya,  juga telah menyiapkan aplikasi self assesment untuk masyarakat. Dalam aplikasi ini, masyarakat bisa melaporkan jika merasa pernah kontak langsung dengan pasien positif korona.

”Kami minta masyarakat membantu kami dengan memberikan informasi yang jujur melalui aplikasi itu," ujar Ganjar.

Informasi dari masyarakat itu sangat membantu dalam penanganan selanjutnya. Dengan informasi itu, tracking akan mudah dilakukan dan penyebaran Covid-19 dapat ditekan.

Apalagi, saat ini pemerintah tengah mempersiapkan alat rapid test untuk melakukan pengecekan masal. Alat tersebut dapat digunakan melakukan pengecekan kepada mereka-mereka yang berpotensi terjangkit.

"Kalau alat rapid test-nya datang, maka yang menjadi prioritas diperiksa adalah orang-orang yang telah melaporkan melalui aplikasi itu. Jadi ini nanti targetnya bisa fokus," papar Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar juga terus mengimbau masyarakat untuk menerapka pola hidup bersih sehat, konsumsi makanan sehat dan multivitamin serta mengurangi kerumunan.

”Kalau sudah ada regulasi atau protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah, tolong ditaati," ujarnya.

Ganjar juga akan mengoptimalkan peran tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk terus melakukan sosialisasi. Tindakan preventif harus terus dilakukan agar penyebaran virus ini dapat terkendali. (bay/ria)

(rs/bay/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia