alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Tangani Korona, Rudy Minta Bupati eks Karesidenan Surakarta Kooperatif

20 Maret 2020, 08: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo. (RADAR SOLO PHOTO)

Share this      

SOLO - Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo meminta enam bupati di wilayah eks Karesidenan Surakarta kooperatif untuk menjaga wilayahnya agar tidak terpapar virus korona (Covid-19) Menurutnya semua daerah harus memiliki semangat yang sama dalam menyelesaikan persoalan virus ini.

Hal itu disampaikan Rudy, menanggapi adanya pasien positif Covid-19 yang meninggal dari Wonogiri dan pasien suspect dari Sukoharjo. Menurutnya, jika bupati di masing-masing wilayah cuek dengan kondisi saat ini, maka imbasnya bukan hanya di daerah tersebut, namun bakal meluas. 

"Wonogiri saya minta kawan saya Pak Jekek selaku bupati untuk segera bergerak melakukan pendekatan preventif. Kalau yang di Solo sudah jelas kita karantina mandiri. Mereka nggak boleh keluar rumah, logistik kita kirim," kata Rudy, Kamis (19/3).

Solo, lanjut Rudy, merasa paling terkena imbas jika penanganan di daerah tidak maksimal. Pertama, secara wilayah, lokasi rumah sakit rujukan nasional untuk pasien Covid-19 berada di Kota Solo. Kemudian, Solo juga menjadi sentra aktivitas masyarakat. Banyak masyarakat di luar Kota Solo bekerja atau beraktivitas di Kota Bengawan.

"Jadi saling mengait. Mari kita kerja sama, di masing-masing daerah kita minta juga melakukan pencegahan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surakarta Siti Wahyuningsih menegaskan, pemkot terus berupaya melakukan pencegahan sesuai standar. Dia berharap masyarakat memahami dengan kondisi saat ini dengan tidak beraktivitas berlebihan di luar rumah serta menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. (irw/ria)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia