alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarsolo
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Atlet Paralympiade Tetap Berlatih Rutin

20 Maret 2020, 17: 58: 08 WIB | editor : Perdana

Tetep Fokus: Atlet bulu tangkis NPC Ukun Rukaendi usai mengikuti sebuah kejuaraan di sritex arena

Tetep Fokus: Atlet bulu tangkis NPC Ukun Rukaendi usai mengikuti sebuah kejuaraan di sritex arena (NIKKO AUGLANDY/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Ratusan atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia banyak yang dipulangkan sementara ke kota asalnya. Ini khusus atlet yang hanya akan ikut serta di ajang ASEAN Para Games 2020 di Filipina. Untuk atlet APG yang juga mendapat tiket Paralympiade 2020 di Jepang, masih tetap bertahan di Solo yang jadi lokasi pemusatan latihan, mengingat otoritas federasi para games dunia belum mengumumkan Paralympiade diundur atau tidak karena wabah virus korona.

Salah satu paralympian yang masih akan menjalani latihan rutin di Solo adalah Ukun Rukaendi. Atlet para badminton NPC ini mendapat tiket emas menuju Paralympiade.

“Kebetulan saya gak dipulangkan, jadi tetap latihan setiap hari di sini. Tak ada pengurangan program latihan. Tapi saya pribadi tetap fokus untuk jaga kondisi tubuh. Tetap ikuti arahan pelatih juga. Yang pasti mengurangi keluar rumah,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin.

Atlet asal Jawa Barat ini akan terjun di kelas men's singles standing lower 3 (MS SL 3). Saat ini Ukun berperingkat empat dunia. Tabungan 2420 poinnya sama dengan Daisuke Fujihara asal Jepang. Di posisi tiga besar terselip dua nama asal India, yakni Pramod Bhagat (5420) dan Sarkas Manoj (3370) berperingkat satu dan tiga dunia. Di posisi kedua ada nama Daniel Bethel asal Inggris dengan tabungan 4220 poin.

“Sepertinya nanti peringkat 1 sampai 6 dunia yang lolos ke Paralympiade. Semua calon lawa berat, apalagi saat nanti akan ketemu atlet dari India dan Inggris. Yang dari Jepang sepertinya juga masih berpotensi lolos. Saya belum tahu nanti tambahan yang wildcard dari Afrika hingga Amerika siapa. Saya pribadi sih tetap optimistis,” terangnya

 Ada enam pebulutangkis NPC lainnya yang juga akan ikut kejuaraan ini. Dimana ada dua kelas diandalkan, karena Atlet Indonesia berperingkat 1 dunia

Seperti Pasangan Hary Susanto/OKTILA Leani Ratri jadi adalan utama di kelas mixed doubles standing lower 3-standing upper 5 (XD SL 3-SU 5). Di kelas yang sama Indonesia juga ikut berharap pada sosok Khalimatus Sadiyah/Fredy Setiawan.

Sedangkan di kelas men's singles standing upper 5 (MS SU 5), Dheva Anrimusthi berperingkat 1 dunia ditarget emas di ajang ini. Di kelas yang sama Suryo Nugroho juga akan ikut serta.

 Tiga kelas lainnya juga diharapkan bisa mendulang medali. Yakni di kelas women's doubles standing lower 3-standing upper 5 (Khalimatus Sadiyah/Leani Ratri Oktila), lalu men's singles standing lower 4 (Fredy Setiawan). Dua pasangan juga diharapkan bisa unjuk gigi di kelas women's singles standing lower 4, yang mana harapan Indonesia di kelas ini ada pada sosok Leani Ratri Oktila dan Khalimatus Sadiyah Sukohandoko. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia