alexametrics
Jumat, 10 Apr 2020
radarsolo
Home > Ekonomi & Bisnis
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Bidik Korporasi, XL Axiata Sediakan Layanan Solusi Smart Building

20 Maret 2020, 19: 26: 08 WIB | editor : Perdana

Penandatanganan kerja sama layanan smart bulding antara XL Axiata dengan Nutrifood.

Penandatanganan kerja sama layanan smart bulding antara XL Axiata dengan Nutrifood. (ISTIMEWA)

Share this      

RADARSOLO.ID - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan PT Nutrifood Indonesia (Nutrifood) menjalin kerja sama untuk menerapkan solusi digital Smart Building berbasis layanan internet di kantor pusat Nutrifood di Jakarta. Melalui proyek ini, Nutrifood akan menjadi perusahaan pertama yang menggunakan solusi digital Smart Building dari XL Business Solutions. 

Kerjasama  ini di awali secara simbolis dengan pemberian plakat yang dilakukan oleh Group Head Enterprise Product & Marketing XL Axiata, Sharif Lukman Mahfoedz kepada  Head of Human Resources Nutrifood, Veronica Shinta di Jakarta, Kamis (12/3). 

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto mengatakan, solusi digital berbasis layanan internet saat ini semakin dibutuhkan dan diminati oleh kalangan pebisnis. Ini guna mempercepat pertumbuhan bisnis mereka, selaras dengan kesiapan untuk mendukung Indonesia menyongsong era revolusi industri 4.0. 

Selain itu, juga sejalan dengan program pemerintah untuk penghematan energi serta mendukung program smart  building di lebih banyak gedung di Indonesia . XL Axiata menyediakan solusi layanan internet cepat dan aplikasi dengan standar tinggi (telco grade) serta dengan world class expertise yang didukung penuh oleh Axiata Group. 

”Solusi digital smart building ini  bertujuan meningkatkan berbagai aspek efisiensi pada gedung, yang meliputi sisi energi, keamanan, akses, pencahayaan, komunikasi, hingga pada fasilitas manajemen pengunjung, ruang, loker, limbah, digital signage, dan lain-lain,”tutur Feby.

Solusi untuk kantor Nutrifood meliputi manajemen energi yang dimulai dari penerapan sensor kondisi udara ruangan, seperti temperatur, kelembapan, dan CO2 pada berbagai titik di dalam ruangan. Kemudian sistem akan menganalisis dan mengontrol energi penyejuk ruangan konvensional secara otomatis sehingga didapatkan kondisi udara ideal yang merata di seluruh bagian ruangan. 

Dengan kondisi ini, energi yang digunakan akan lebih efisien dan terkontrol serta dapat meningkatkan produktifitas karyawan karena kondisi ruangan yang ideal dan sehat. Selain itu, XL Axiata juga memberikan pemantauan tinggi air pada tangki air sehingga ketersediaan air di gedung dapat selalu terjaga

Head of Digital Transformation Nutrifood Karen Puspasari mengatakan, Nutrifood berkomitmen untuk menjalankan praktik bisnis berkelanjutan (sustainable business practice) dengan memperhatikan aspek keberlanjutan. Yakni people, planet, and profit dalam melakukan operasi bisnis. Untuk tetap bisa relevan dengan perkembangan zaman, Nutrifood juga sedang melakukan proses transformasi digital untuk menjadi perusahaan yang agile namun efisien dan relevan. 

”Kami memiliki cukup banyak inisiatif digital dan ramah lingkungan, baik di kantor pusat Jakarta maupun ketiga pabrik di Ciawi, Cibitung, dan Sentul. Kami menyambut baik kesempatan bermitra dengan XL Axiata untuk mengimplementasikan solusi digital Smart Building berbasis layanan internet. Ini sebagai salah satu upaya kami untuk melakukan energy monitoring dan energy saving,” papar Karen.

Secara umum, melalui solusi Smart Building dari XL Axiata ini, Nutrifood akan mendapat manfaat berupa efisiensi energi dalam penggunaan penyejuk ruangan (AC). Baik pada konsumsi daya, biaya pemeliharaan, termasuk juga pada sisi AC sebagai aset.

Kondisi ruangan yang ideal akan membuat properti, furnitur, dan perangkat elektornik menjadi lebih awet. Bagi karyawan, ruangan kerja akan menjadi lebih nyaman, yang kemudian akan mendorong produktivitas. Sistem pengaturan udara ruangan yang baik juga akan menjadi kesehatan karyawan selama bekerja.  

Hingga saat ini, XL Business Solutions telah menyediakan berbagai macam solusi layanan digital berbasis internet, bekerja sama dengan beberapa partner IoT. Di antaranya adalah Fleetech (Fleet Management), flexiot (IoT Platform), Smart Poultry (digitalisasi industri unggas), dan NB-IoT (teknologi jaringan selular khusus untuk IoT). Layanan ini disambut dengan antusias oleh korporasi. (*/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia