alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo
Malaysia Lockdown

Ada Jaminan dari Imigrasi Malaysia, Ketakutan Jadi Imigran Gelap Sirna

21 Maret 2020, 18: 17: 17 WIB | editor : Perdana

Ambadewi (paling kanan) bersama sahabat yang menampungnya di Malaysia selama lockdown.

Ambadewi (paling kanan) bersama sahabat yang menampungnya di Malaysia selama lockdown. (DOK PRIBADI)

Share this      

SOLO - Penerapan lockdown oleh pemerintah Malaysia dibarengi dengan kebijakan soal kelonggaran pengurusan visa bagi pelancong. Tentu saja kebijakan ini cukup melegakan bagi para wisatawan. Salah satunya bagi Ambadewi Soeroso, warga negara Indonesia (WNI) asal Salatiga yang visa kunjungannya habis saat masa lockdown Malaysia

Semula, Ambadewi merasa ketakutan jika nantinya dia menjadi imigran gelap. Pasalnya, selama lockdown Malaysia, layanan perpanjangan visa bagi pendatang juga ditutup. Padahal, Ambadewi yang datang ke Malaysia untuk acara kesenian dalam rangka pertukaran kebudayaan itu akan habis masa visanya pada Senin, (23/3).

Namun, kekhawatiran menjadi imigran gelap kini sirna sudah. Sebab, ternyata pihak imigrasi Malaysia mengeluarkan kebijakan yang cukup melegakan.

"Jadi mereka melonggarkan kepada traveler jika merasa tak aman kalau pulang ke negaranya. Dan boleh memperpanjang visanya selama 30 hari," ujar Ambadewi kepada Jawa Pos Radar Solo.

Ambadewi rencananya akan pulang ke Indonesia Kamis (2/4) pekan depan. "Nanti naik pesawat. Ini sudah beli tiket. Sudah kangen sama keluarga. Semoga sampai Indonesia tidak terjadi apa-apa," pungkas dia. (atn/ria)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia