alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

ODP Berkeliaran,Karantina Penghuni 17 Rumah Mojosongo Dijaga TNI-Polri

22 Maret 2020, 08: 59: 26 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi

Ilustrasi

Share this      

SOLO - Pemkot mengarantina mandiri penghuni 17 rumah di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres selama dua pekan ke depan. Penjagaan rumah warga yang dikarantina dilakukan oleh angggota TNI dan Polri.

Ini menyusul adanya warga Mojosongo yang masuk orang dalam pemantauan (ODP), yang justru berkeliaran di luar rumah.

“Sempat ada ODP keluar rumah dan interaksi dengan warga karena merasa kondisi fisiknya sehat. Saat ini orangnya sudah ditangani di rumah sakit. Warga yang sempat kontak, langsung dikarantina," jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surakarta Ahyani.

Diakui sekda, cukup sulit membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga diri sendiri dan lingkungan sekitar guna memutus rantai wabah korona (Covid-19). Kini pemkot berkoordinasi dengan aparat untuk melakukan pengawasan.

"Sekarang penjagaan rumah warga yang dikarantina kami percayakan pada anggota TNI dan Polri," jelas pria yang juga menjabat ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surakarta.

Kebutuhan logistik bagi warga selama menjalani karantina mandiri dipenuhi oleh pemkot. Selain itu, pihak kelurahan setempat membangun posko sementara untuk mengawasi kegiatan warga yang dikarantina dari lokasi yang cukup aman.

“Posko ini 24 jam mengawasi warga. Kami siapkan dua orang untuk tiap shif, juga koordinadi sengan polisi, TNI, maupun petugas medis dari puskesmas. Soal logistik sudah kami salurkan. Ini tadi juga kirim lagi ke rumah warga yang dikarantina. Kami harap semua masyarakat bisa mematuhi aturan ini," tegas Lurah Mojosongo Winarto. (ves/wa/ria)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia