alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarsolo
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Hari Ini, Siswa SMK di Solo Jalani Ujian Sekolah Online

23 Maret 2020, 08: 55: 40 WIB | editor : Perdana

Siswa SMK di Karanganyar menyiapkan smartphone-nya untuk menjalani ujian sekolah online.

Siswa SMK di Karanganyar menyiapkan smartphone-nya untuk menjalani ujian sekolah online. (RYAN AGUSTIONO/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Solo akan melaksanakan ujian sekolah (US) online hari ini (23/3). Sebelumnya, ujian nasional berbasis komputer (UNBK) diundur sampai batas waktu belum ditentukan. 

Setidaknya ada 52 SMK baik negeri maupun swasta akan melaksanakan US online. Pelaksanaan dimulai Senin ini (23/3). Pengaturan mata pelajaran (mapel) yang diujikan bergantung pada masing-masing sekolah.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK di Kota Solo Bangkit Budiarto mengatakan, persiapan sudah mulai dilakukan. Hal tersebut untuk memastikan sarana dan prasarana (sarpras) sudah siap. Karena pelaksanaan dilakukan oleh pihak sekolah, maka jadwal US online juga bergantung pada masing-masing sekolah. “Kesiapan sekolah lebih ditentukan oleh siswanya,” terangnya, Minggu (22/3).

Pelaksanaan US online ini berbasis Android. Sehingga siswa harus menyiapkan internet ataupun wifi bila menggunakan laptop. Bangkit mengaku ada sekolah yang mayoritas siswanya telah memiliki ponsel Android. Dan ada pula yang memiliki ponsel Android hanya sebagian saja. Sehingga pihak sekolah harus benar-benar memastikan kesanggupan para siswa.

Bangkit mengatakan, secara teknis pelaksanaan US online ini berbasis internet. Soal akan diinput pada komputer server yang telah terkoneksi dengan internet. Barulah siswa diberi link dan password dari sekolah untuk mengakses soal US online. Setelah itu, proses pengerjaan baru bisa dilakukan.

“Bila sudah selesai, jawaban siswa dikirim kembali ke komputer server sekolah. Karenanya siswa harus benar-benar terhubung dengan internet dan harus lancar,” katanya.

Kepala SMKN 6 Surakarta Tenang Pranata mengatakan, US online mulai dilakukan hari ini. Setidaknya 511 siswa kelas XII akan mengikuti US online. Dan pihaknya sudah memastikan pada siswa. Dengan menyurati orang tua terkait pelaksanaan US online. Serta pengawasan yang dilakukan oleh orang tua murid.

“Untuk Solo semua SMK negeri dan swasta siap. Ada sekitar 52 sekolah termasuk SMKN 6 Surakarta. Dan akan kami lakukan Senin (23/3) dengan dua mapel setiap harinya," katanya.

Tenang mengaku soal US online sudah disiapkan pekan lalu. Dan begitu ada arahan untuk pelaksanaan, pihaknya sudah siap. Termasuk sarpras dan koordinasi terkait teknik pelaksanaan US online. Selain itu pihaknya telah menginfokan ke siswa peserta ujian. Dan pelaksanaan US online di SMKN 6 Surakarta akan dilakukan pada 23 Maret sampai 2 April mendatang. (rgl/bun)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia