alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Kerjakan Ujian Online dari Rumah, Diawasi Orang Tua

24 Maret 2020, 17: 39: 16 WIB | editor : Perdana

LEBIH RILEKS: Seorang siswa sedang mengerjakan soal ujian sekolah dari rumah dengan pengawasan orang tua, kemarin (23/3).

LEBIH RILEKS: Seorang siswa sedang mengerjakan soal ujian sekolah dari rumah dengan pengawasan orang tua, kemarin (23/3).

Share this      

SOLO – Beberapa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Solo mulai menggelar ujian sekolah (US) online sejak Senin (23/3). Pelaksanaan US online ini tergantung masing-masing sekolah. Meski dalam pelaksanaan lancar, namun, ada beberapa peserta didik tetap ujian tertulis, karena tidak memiliki ponsel pintar.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Solo Bangkit Budiarto mengatakan, pelaksanaan US online dilakukan sejak kemarin. Sebanyak 52 SMK negeri dan swasta yang mengikuti US online. Namun, dalam pelaksanaan tergantung masing-masing sekolah.

“Jadwal dan software apa yang digunakan tergantung masing-masing sekolah. Baru setelah pelaksanaan guru atau wali kelas yang bertugas bisa melaporkan ke pembina sekolah. Setelah itu kami juga berkoordinasi dalam grup MKKS,” terangnya, Senin (23/3).

Bangkit mengaku pihaknya telah mengecek sekolah yang menggelar US online. Mayoritas sekolah berjalan lancar serta belum ada kendala. Wali kelas bertanggung jawab dalam menangani US online untuk kelas masing-masing. Hanya saja masih ditemui siswa tidak memiliki ponsel pintar. Sehingga akan dilakukan ujian susulan.

“Di salah satu sekolah memang ada siswa yang tinggal di yayasan dan tidak memiliki ponsel. Guru datang ke sekolah untuk mengambilkan soal. Pelaksanaan US dilakukan tertulis,” imbuh Bangkit yang juga kepala SMKN 7 Surakarta. 

Persiapan US online sudah dilakukan sejak pekan lalu. Di SMKN 7 Surakarta siswa bisa berlatih untuk login pada aplikasi sejak 20-22 Maret. Dengan begitu diharapkan tidak ada siswa yang kebingungan dalam mengakses soal US. Selain itu, pihaknya juga melibatkan orang tua dalam pengawasan US online.

“Di SMKN 7 Surakarta sudah 99 persen siswa melaksanakan US online. Dan pelaksanaannya kami lakukan dengan dua mata pelajaran (mapel) sehari dengan setiap mapel selama 90 menit,” katanya.

Kepala SMKN 6 Surakarta Tenang Pranata menambahkan, pelaksanaan US online berjalan lancar. Setidaknya 511 siswa kelas XII ikut ujian online. “Alhamdulillah lancar untuk hari ini (kemarin). Siswa bisa mengikuti US online,” katanya. (rgl/bun)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia