alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarsolo
Home > Sukoharjo
icon featured
Sukoharjo

Sukoharjo Bentuk Gugus Tugas Korona Tingkat RT

24 Maret 2020, 17: 58: 22 WIB | editor : Perdana

Sukoharjo Bentuk Gugus Tugas Korona Tingkat RT

SALAH satu RT di Desa Pranan, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo menerapkan sistem semi lockdown. Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo meminta setiap RT membentuk Gugus Tugas Pengawasan Covid-19 yang bertugas mengawasi pelaksanaan isolasi mandiri orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) pasca perawatan.

Kepala Desa Pranan, Kecamatan Polokarto Jigong Sarjanto mengatakan, di Dusun Kuluwan RT 01 RW 1 kini menerapkan sistem semi lockdown. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika nanti diterapkan, pihaknya sudah siap. “Hanya satu RT, kami terapkan sistem semi lockdown,” kata Jogong, Senin (23/3).

Teknis pelaksanaannya yakni semua akses ditutup. hanya disisakan satu pintu. Disepakati bahwa warga tidak boleh keluar masuk kampung kecuali untuk urusan mendesak dan tidak bisa ditunda. “Semua warga harus patuh,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menginstruksikan bahwa setiap RT di Sukoharjo membentuk Gugus Tugas Pengawasan Covid-19. Gugus ini bertugas mengawasi pelaksanaan isolasi mandiri bagi ODP dan PDP pasca perawatan di rumah sakit.

“Dan mengggerakan warga untuk memberikan bantuan logistik sehingga yang bersangkutan tidak perlu keluar rumah selama menjalani isolasi mandiri,” kata Wardoyo Wijaya usai menggelar rapat koordinasi penanganan Covid-19.

Wardoyo meminta masyarakat tetap tenang dengan kewaspadaan tinggi serta senantiasa menjaga kebersihan khususnya tangan. Selain itu tetap menjaga jarak satu sama lain dan tidak bepergian keluar kota. “Hindari kerumunan atau mengadakan acara dengan melibatkan banyak orang,” ujarnya. (kwl/bun)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia