alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarsolo
Home > Ekonomi & Bisnis
icon featured
Ekonomi & Bisnis
Kadin Paradigma Baru

Pacu Bisnis Replika Tembus Mancanegara 

24 Maret 2020, 18: 26: 22 WIB | editor : Perdana

Pacu Bisnis Replika Tembus Mancanegara 

SMALL is beautiful, bisa jadi idiom itu yang paling tepat untuk menggambarkan hasil karya berupa replika. Terlebih dengan penonjolan pada detail dan ukuran yang hampir presisi dengan bentuk aslinya. Peluang itulah yang menjadikan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bernama MOTOCraft, mulai mendapat perhatian dari berbagai pihak. Termasuk Kadin Kabupaten Klaten untuk dijadikan sebagai mitra binaan.

Adalah Remo Arie Prayeksi sosok di belakang MOTOCraft, yang mulai berproduksi pada Oktober 2019 lalu. Ditangan Remo –sapaan karib Remo Arie Prayeksi, sejumlah replika berbahan kayu Mahoni dan Jati Belanda telah berhasil diciptakan. Diantaranya replika super hero Gundala Freedom dengan skala 1 : 30. Kemudian mobil Hardtop berskala 1 : 10 dan Excavator Volvo berskala 1 : 15.

“Awalnya saya terinspirasi dari mainan replika kayu yang ada di pasaran. Kemudian saya terpacu untuk menciptakan replika berbahan kayu yang berbeda, dengan skala antara 1 : 10 hingga 1 : 30. Selain bisa mendongkrak harga jual, replika ini bisa diminati pasar internasional,” papar Remo yang mengaku belajar replika secara otodidak.

Proses produksi untuk menghasilkan dua buah unit replika dibutuhkan waktu sebulan, tergantung detail dan tingkat kerumitannya. Namun kerja keras yang dilakukan Remo tak sia-sia. Terbukti satu unit replika bisa dihargai hingga jutaan rupiah. Terlebih segmen pasarnya cukup spesifik yaitu para kolektor dan komunitas.

“Hingga saat ini sudah banyak kalangan yang memesan sampel replika saya. Mulai dari komunitas otomotif hingga komunitas Gundam Indonesia. Bahkan ada permintaan sampel dari buyer Amerika untuk membuat Transformer,” terang pria yang juga mendapat pesanan pembuatan replika alat-alat tempur ini.

Sementara itu, Ketua Kadin Klaten, Febri Siswo Prihandono mengatakan, pihaknya menggandeng MOTOCraft sebagai mitra binaan, untuk membantu pemasaran produknya agar bisa tembus pasar nasional hingga mancanegara. Selain memfasilitasi pemasarannya, pihak Kadin juga akan memfasilitasi permodalannya lewat Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

“Bisnis replika kayu ini bisa jadi sarana untuk mengurangi tingkat pengangguran di perdesaan. Selain itu Kadin Klaten berkomitmen untuk membantu pemasaran produk UMKM binaannya. Paling tidak agar mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun global,” jelas Febri. (edy

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia