alexametrics
Rabu, 08 Apr 2020
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Masjid Agung Surakarta Tiadakan Salat Jumat

26 Maret 2020, 20: 37: 17 WIB | editor : Perdana

Masjid Agung Surakarta Tiadakan Salat Jumat

SOLO – Takmir Masjid Agung Surakarta memutuskan hari ini tidak menggelar salat Jumat sambil menunggu ketentuan lebih lanjut.

Sekretair takmir Masjid Agung Surakarta Abdul Basith dalam siaran pers menjelaskan, tidak digelarnya salat Jumat mempertimbangkan beberapa poin, yakni mengingat perkembangan situasi penyebaran Covid-19 dan penetapan kejadian luar biasa (KLB) di Kota Surakarta, fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta imbauan pemkot serta Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta tentang penyelenggaraan salat Jumat dan ibadah lainnya.

Selanjutnya, pertimbangan syariat bahwa menolak madharot lebih diutamakan daripada mengambil manfaat. "Jamaah disarankan melaksanakan salat Duhur di rumah masing-masing dan atau Masjid Agung Surakarta bagi pedagang Pasar Klewer, pengunjung, dan musafir,” jelas Basith dalam siaran pers Masjid Agung Surakarta.

Ditambahkannya, jamaah dimohon mematuhi imbauan pemerintah untuk melaksanakan social distancing (menjaga jarak) seperti tidak bersalaman, jaga jarak saf minimal satu meter kanan dan kiri, serta tidak berlama-lama di masjid untuk sementara.

"Untuk menjaga keselamatan jamaah, dimohon mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan, membawa sarung, sajadah, dan mukena sendiri untuk sementara waktu,” pungkasnya. (*/wa)

(rs/it/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia