alexametrics
Kamis, 04 Jun 2020
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

Semprot Disinfektan Sasar Jalan Lawu & Fasilitas Publik Bumi Intanpari

31 Maret 2020, 13: 42: 38 WIB | editor : Perdana

Penyemprotan disinfektan di Jalan Lawu dan sejumlah fasilitas publik menggunakan water canon, hari ini (31/3).

Penyemprotan disinfektan di Jalan Lawu dan sejumlah fasilitas publik menggunakan water canon, hari ini (31/3). (RYAN AGUSTIONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Upaya pencegahan penularan Covid-19 di Bumi Intanpari terus digalakkan. Tak hanya memberlakukan penutupan Jalan Lawu mulai Papahan hingga Buk Siwaluh pada malam hari sebagai bentuk dukungan anjuran social distancing. Pagi ini (31/3), tim gabungan juga melakukan penyemprotan disinfektan di sepanjang Jalan Lawu dan sejumlah fasilitas publik.  

Penyemprotan menggunakan water canon dilakukan tim gabungan, yakni dari Polres Karanganyar, TNI, pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, dan satpol PP. 

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, tim bergerak mulai Plasa Alun-Alun Karanganyar menuju timur hingga Terminal Tegalgeda Bejen. Kemudian ke selatan hingga ringroad selatan menuju barat sampai Lalung. Penyemprotan disinfektan berlanjut ke utara hingga Taman Pancasila. Lalu ke barat sampai gedung Setda  Karanganyar dan kembali ke Plasa Alun-Alun. 

Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi mengatakan, penyemprotan memang diarahkan ke jalan raya. Itu mengingat jalan raya tersebut belum pernah disemprot disinfektan. Menurut dia, Karanganyar merupakan wilayah yang disinggahi banyak orang. Sehingga perlu dilakukan antisipasi maksimal pencegahan penularan Covid-19

"Ini kegiatan penyemprotan tahap kedua dan serentak kita lakukan di seluruh Indonesia. Yang pertama sebelumnya penyemprotan hanya diarahkan ke trotoar jalan serta jalur lambat. Yang kedua ini kita fokuskan ke semua sisi jalan. Khususnya jalan menuju pasar dan lokasi-lokasi yang dijadikan pusat kegiatan masyarakat," kata kapolres. 

Lebih lanjut kapolres mengatakan, penyemprotan disinfektan ke jalan itu hanya bersifat untuk mengurangi risiko agar kondisi lingkungan menjadi semakin sehat.

"Pokoknya segala macam cara harus dilakukan agar risiko penyebaran Covid-19 ini bisa diminimalkan. Kita akan lakukan secara berkala, terus menerus untuk melakukan proses pencegahan," tegas Leganek.

Lebih lanjut dia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan. Berjemur setiap pagi, menjaga imun tubuh dengan makanan bergizi, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) demi mencegah masuknya virus korona di dalam tubuh.

“Selama ini kami juga telah mengimbau masyarakat untuk menghindari kerumunan. Seperti tongkrongan, hajatan, arisan, dan lain-lain kami bubarkan dan mengimbau warga untuk pulang dan beraktivitas di rumah ,” pungkas kapolres. (rud/ryn/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia