alexametrics
Kamis, 04 Jun 2020
radarsolo
Home > Ekonomi & Bisnis
icon featured
Ekonomi & Bisnis

46 Perjalanan Kereta Api Bandara Canceled

02 April 2020, 19: 25: 48 WIB | editor : Perdana

IMBAS KORONA: KA bandara hendak memasuki Stasiun Adi Soemarmo Solo, baru-baru ini.

IMBAS KORONA: KA bandara hendak memasuki Stasiun Adi Soemarmo Solo, baru-baru ini. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Wabah virus korona memaksa PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Jogjakarta membatalkan ratusan perjalanan kereta api (KA). Total 126 perjalanan dibatalkan. Termasuk 46 perjalanan kereta api (KA) Bandara Internasional Adi Soemarmo (Kabias). Pembatalan perjalanan berlaku mulai kemarin (1/4).

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Jogjakarta, Eko Budiyanto menjelaskan, sebelum wabah korona, tingkat okupansi mencapai 300 ribu penumpang per hari. Kini, jumlah penumpang berangsur turun. Sejak awal Maret hingga sekarang, jumlah penumpang di bawah 20 persen per hari.

Inilah yang mendasari Daop 6 Jogjakarta memangkas sejumlah perjalanan KA. Sekaligus langkah antisipasi penyebaran virus korona. Terhitung mulai kemarin, keberangkatan KA dari maupun yang melintas di wilayah Daop 6 Jogjakarta mengalami penyesuaian. Berupa pengurangan operasional.

“Yang mengalami pembatalan operasional antara lain KA Bandara Internasional Yogyakarta 24 perjalanan dan Kabias 46 perjalanan. Juga 56 perjalanan KA jarak jauh menuju ke berbagai relasi. Baik ke arah timur (Surabaya, Malang, dan Banyuwangi) serta barat (Jakarta dan Bandung),” paparnya.

Khusus penumpang KA, baik perorangan maupun rombongan yang membatalkan tiket keberangkatan periode 23 Maret sampai 29 Mei, akan mendapat pengembalian biaya (refund) 100 persen. Sepanjang Maret, tercatat 27.106 penumpang melakukan pembatalan tiket. Sedangkan 4.754 penumpang mengubah jadwal.

“Untuk pembatalan tiket dan ubah jadwal bisa dilakukan di loket stasiun yang sudah ditentukan. Bisa juga lewat aplikasi KAI Access,” bebernya.

Sementara itu, jumlah perjalanan KA di Daop 4 Semarang juga dibatalkan. Langkah ini dilakukan untuk menekan angka migrasi dari beberapa kota. Manager Humas PT. KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan, ada 13 KA yang perjalanannya dihentikan. 

“Total 24 perjalanan dibatalkan periode 1-30 April. Yang 13 terdiri dari delapan KA reguler dengan tujuan Daop 4 Semarang dan lima lainnya adalah KA yang melintas di wilayah Daop 4,” terangnya.

Salah satu KA yang dibatalkan adalah Ambarawa Ekspres dari Semarang tujuan Surabaya. Serta KA Blorajaya dari Semarang Poncol ke Cepu dan KA Kaligung tujuan Tegal. “Khusus KA Kaligung hanya ada satu trip atau dua perjalanan yang dibatalkan. Empat trip atau delapan perjalanan KA Kaligung masih beroperasi,” urainya.

Pembatalan keberangkatan juga berlaku untuk KA jarak jauh. Yakni KA Dharmawangsa (Jakarta-Surabaya dan transit di Semarang). Serta KA Majapahit (Jakarta-Malang transit di Semarang). Sebelumnya, ada pembatalan keberangkatan KA Argo Muria (Semarang-Jakarta), KA Cermai (Semarang-Bandung), dan KA Menoreh (Semarang-Jakarta)

“KA Tawang Jaya (Semarang Poncol-Jakarta) dan Argo Cheribon (Tegal-Jakarta) juga batal. KA Sembrani (Surabaya-Jakarta), KA Gumarang (Jakarta-Surabaya), KA Sancaka Utara (Surabaya- Kutoarjo) batal juga,” tandasnya. (den/ton/JPG/aya/fer)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia