alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Jumlah Pemudik Turun, Tenaga Kesehatan di Terminal Wonogiri Ditarik

07 April 2020, 11: 24: 17 WIB | editor : Perdana

Kondisi Terminal Giri Adipura Wonogiri kemarin (6/4). Kedatangan pemudik berangsur menyusut.

Kondisi Terminal Giri Adipura Wonogiri kemarin (6/4). Kedatangan pemudik berangsur menyusut. (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Tenaga kesehatan (nakes) yang sebelumnya ditempatkan di Terminal Induk Giri Adipura Wonogiri untuk melakukan screening awal pemudik mencegah penularan Covid-19, sudah ditarik.

Hal itu menyusul adanya penurunan jumlah pemudik yang turun di terminal setempat. Para nakes tersebut dikembalikan ke puskesmas. Namun, jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan pemudik, nakes kembali dikerahkan. 

“Kami bicara tentang strategi penugasan SDM (sumber daya manusia), kami punya tanggung jawab di puskesmas-puskesmas,” jelas Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Senin (6/4).

Menurut bupati, bila nakes tetap disiagakan di terminal sedangkan jumlah pemudik sudah berangsur sepi, maka tugas nakes tidak efektif. Sebab itu, per kemarin, screening awal pemudik ditiadakan.

Pantauan Jawa Pos Radar Solo di Terminal Giri Adipura, suasana jauh lebih lengang dibandingkan sebelumnya. Tidak terlihat nakes yang biasanya mengukur suhu tubuh pemudik dan meminda para perantau melakukan karantina mandiri selama 14 hari. 

"Kami lihat perkembangannya. Misalnya memasuki bulan puasa tren mudik kembali tinggi, tentu posko (screening) itu kami buka lagi,” terang bupati yang biasa disapa Jekek itu.

Bagaimana dengan para pemudik yang baru akan tiba? Jekek mengaku telah memberikan sosialisasi apa saja yang harus dilakukan. "Di daerah sudah ada hubungan sosial, solidaritas publik. Warga sekitar akan mengimbau dan mendorong pemudik untuk memeriksakan diri apabila ada gejala-gejala (Covid-19)," bebernya.

Koordinator Terminal Induk Giri Adipura Wonogiri Agus Hasto Purwanto menyatakan kesiapannya membantu nakes melakukan screening bila kembali ditempatkan di terminal. Sementara itu, berdasarkan catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri, ada sebanyak 33.473 pemudik yang telah tiba di Kota Sukses. (al/wa/ria) 

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia