alexametrics
Kamis, 04 Jun 2020
radarsolo
Home > Ekonomi & Bisnis
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Konsumsi Elpiji dan BBM Turun

08 April 2020, 15: 42: 51 WIB | editor : Perdana

Konsumsi Elpiji dan BBM Turun

SOLO – Konsumsi gas elpiji dan bahan bakar minyak (BBM) di Kota Solo dan sekitarnya, Maret lalu turun. Jika dibandingkan dengan konsumsi pada Februari. Seiring kebijakan pembatasan aktivitas di luar rumah akibat wabah virus korona (Covid-19).

Seperti diungkapkan Supervisor Comunication Pertamina MOR IV Arya Yusa Dwicandra. Dia mengaku, kendati konsumsi elpiji mengalami penurunan, tetapi masih dalam batas normal.

“Terjadi penurunan namun tidak signifikan. Rata-rata pada Februari, konsumsi di angka 118 metric ton (MT). Sedangkan pada Maret di angka 116 MT. Jadi bisa dikatakan pemakaian elpiji relatif stabil,” bebernya Jawa Pos Radar Solo, kemarin (7/4).

Arya mengaku belum mengetahui penyebab pasti turunnya konsumsi elpiji. Namun tidak menutup kemungkinan karena mayoritas rumah makan tutup. “Mungkin bisa dipengaruhi wabah Covid-19. Usaha katering dan sebagainya juga tutup order,” ungkapnya.

Sementara itu, konsumsi BBM jenis gasoline, yaitu premium, pertalite, dan pertamax pada Maret juga turun. Anjlok sekitar 17 persen. Pada Februari, konsumsinya mencapai 327 kiloliter (kl) per hari. Di tengah wabah korona, turun jadi 269 kl per hari.

“Penurunan konsumsi tidak hanya terjadi pada BBM jenis gasoline saja. Tetapi gasoil juga, yaitu solar dan dex series. BBM jenis gasoil turun 4 persen. Februari konsumsinya 91 kl, Maret hanya 87 kl,” tandasnya. (aya/fer)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia